PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA UMUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FMIPA UNIMED

Derlina ,, Tri Harsono, Sabani .

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar mahasiswa yang meliputi: pembelajaran berdasarkan masalah, pembelajaran kooperatif dengan berbagai tipe, dan inquiry training, melalui penyusunan perangkat pembelajaran untuk beberapa komptensi dasar mata kuliah Fisika Umum dengan model-model pembelajaran berbasis karakter. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang disusun meliputi (1) silabus, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (3) bahan ajar, (4) lembar kerja mahasiswa (LKM), dan (5) pedoman/alat evaluasi. Target khusus yang ingin dicapai adalah (1) peningkatan hasil belajar mahasiswa, dan (2) mengembangkan karakter mahasiswa antara lain sikap jujur, tanggung jawab, disiplin, berlaku hormat, kerjasama, kemampuan berkomunikasi dan kreativitas.

Keywords


model pembelajaran, pendidikan karakter, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3271

Article Metrics

Abstract view : 616 times
PDF - 898 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.