PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS 5E TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA LAKSAMANA MARTADINATA

Nazila Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konstruktivis 5E terhadap hasil belajar siswa semester ganjil pada materi pokok Medan Magnet di Kelas XII SMA Laksamana Martadinata T.P 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII Semester Ganjil SMA Laksamana Martadinata yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari kelas XII secara acak yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji-t dua pihak diperoleh thitung = 4,29 sedangkan untuk ttabel = 1,669
sehingga thitung > ttabel. Ini berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran konstruktivis 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Medan Magnet di kelas XII semester ganjil SMA Laksamana Martadinata T.P 2011/2012.

Keywords


model pembelajaran, konstruktivis, 5E, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ainurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bybee, R. W., taylor, J. A., Gardner, A., Van Scotter, P. Powell, J. C., Webstrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E instructional model: Origins and effectiveness. Dapat diakses pada http://science. education.nih.gov/housefreps.nsf/

Cipta Science Team. 1999. Panduan dan Pembahasan Lengkap Ebtanas Fisika. Jakarta: Penerbit Yustadi.

Darma, K. 2007. Pengaruh model pembelajaran konstruktivisme terhadap prestasi belajar matematika terapan pada mahasiswa

Politeknik Negeri Bali. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.70.

Raduta, C. 2008. General Students’ Misconceptions related to lectricity and Magnetism. Ohio: The Ohio State University.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

The Science Teacher. 2003. Expanding the 5E Model. Arlington: the National Science Teachers Association.

http://www.indonesiamedia.com/2005/07/mid/o

pini/pelajar.htm).




DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3381

Article Metrics

Abstract view : 367 times
PDF - 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.