EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE DAN KREATIVITAS ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA SMA PADA PELAJARAN FISIKA

Irham Ramadhani, Motlan Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan hasbelajar kognitif tingkat tinggi fisika siswa dengan model pembelajaraberbasis proyek dengan strategi think talk write dan pembelajarakonvensional; (2) perbedaan hasil belajar kognitif tingkat tinggi fisika siswayang memiliki kreativitas ilmiah di atas rata-rata dan di bawah rata-rata; dan(3) interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kreativitas ilmiahdalam mempengaruhi hasil belajar kognitif tingkat tinggi fisika siswPenelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalampenelitian ini dipilih dengan cluster random sampling sebanyak dua kelaInstrumen terdiri dari tes hasil belajar kognitif tingkat tinggi berupa teessay dan tes kreativitas ilmiah. Data dianalisis dengan menggunakanANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajakognitif tingkat tinggi fisika menggunakan model pembelajaran berbasproyek dengan strategi think talk write berbeda dan menunjukkan hasil yanlebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hasil belajarkognitif tingkat tinggi siswa fisika dengan kreativitas ilmiah di atas rata-rataberbeda dan menunjukkan hasil lebih baik dari siswa dengan kreativitasilmiah di bawah rata-rata, serta terdapat interaksi antara model pembelajaranberbasis proyek dengan strategi think talk write dan kreativitas ilmiah dalammempengaruhi hasil belajar kognitif tingkat tinggi fisika siswa. 
Kata kunci: hasil belajar kognitif tingkat tinggi, kreativitas ilmiah, model pembelajaran Berbasis Proyek, strategi think talk write

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2564

Article Metrics

Abstract view : 908 times
PDF - 889 times

Refbacks





Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.