THE INFLUENCE OF GUIDED INQUIRY LEARNING METHOD WITH MACROMEDIA FLASH TOWARD STUDENT’S ACHIEVEMENT IN THE SOLUBILITY AND SOLUBILITY PRODUCT TOPIC
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam topik kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua di RSBI SMA Negeri 2 Kisaran. Sampel adalah dua kelas yang dipilih dengan metode random sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media dan kelas kontrol diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar yang distandarisasi oleh validator ahli dan validitas empiris. Data dianalisis dengan Microsoft Excel untuk Windows 2003. Hasil tes distandarisasi dan diperoleh 20 butir soal yang valid dengan reliabilitas 0,937. Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh dari kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum perlakuan mengajar (pre test) dan setelah perlakuan mengajar (post test) dan data yang digunakan untuk mengetahui gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data distribusi normal dan sampel homogen. Kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi (0.78 ± 0,0940) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori sedang (0.59 ± 0,1124). Analisis statistik menunjukkan thitung (7.6454) > ttabel (1.6593). Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, aspek kognitif yang dikembangkan dengan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Macromedia Flash media adalah C2, C3 dan C4. Tingkat aspek kognitif adalah C2 (Pemahaman), C3 (Aplikasi) dan C4 (Analisis). Rata-rata gain yang ternormalisasi adalah C2 (0.92, kategori tinggi), C3 (0,84, kategori tinggi), dan C4 (0.74, kategori tinggi).
Kata kunci: Metode inkuiri terbimbing, Macromedia Flash, Kelarutan dan hasil kali kelarutan dan hasil belajar siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpkim.v6i2.5569
Article Metrics
Abstract view : 196 timesPDF - 156 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Yeni Purwati, Retno Dwisuyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia
Contact: +62 853-1769-2813
Email: jpkim.pps@unimed.ac.id
Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan City, North Sumatra Province, Postal Code 20221. Phone/fax: (061) 661 3365 / +62 852-7802-1981.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.