KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR METAMORFOSIS SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak : Keefektifan Model Numbered Head Together Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Tujuan penelitian adalah mengetahui keefektifan penggunaan model Numbered Head Together (NHT) berbantu media puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Kutoharjo 03 Pati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu media puzzle efektif terhadap hasil belajar metamorfosis siswa, hal ini didukung oleh: (1) terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hal ini juga berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,448 > 2,060 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) hal tersebut didukung dengan nilai rata-rata N-gain 0,30 (30%) dengan kategori sedang. (3) hasil belajar seluruh siswa telah mencapai KKM yaitu 75.
Kata Kunci : Keefektifan, Model NHT, dan Metamorfosis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9921
Article Metrics
Abstract view : 313 timesPDF - 304 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yuatrul Hatmayanti, Harto Nuroso, Fine Reffiane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.