KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR METAMORFOSIS SISWA KELAS IV SD

Yuatrul Hatmayanti, Harto Nuroso, Fine Reffiane

Abstract


Abstrak : Keefektifan Model Numbered Head Together Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Tujuan penelitian adalah mengetahui keefektifan penggunaan model Numbered Head Together (NHT) berbantu media puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Kutoharjo 03 Pati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model NHT berbantu media puzzle efektif terhadap hasil belajar metamorfosis siswa, hal ini didukung oleh: (1) terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Hal ini juga berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,448 > 2,060 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) hal tersebut didukung dengan nilai rata-rata N-gain 0,30 (30%) dengan kategori sedang. (3) hasil belajar seluruh siswa telah mencapai KKM yaitu 75.

Kata Kunci : Keefektifan, Model NHT, dan Metamorfosis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9921

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yuatrul Hatmayanti, Harto Nuroso, Fine Reffiane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.