Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Jurnal Teknologi Pendidikan menerbitkan kajian ilmiah dan hasil penelitian tentang pendidian yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di Indonesia secara luas mencakup kegiatan pendidikan yang bercirikan adanya proses pembelajaran untuk pengembangan individu dan masyarakat, dalam setting keluarga, persekolahan, organisasi social, atau dunia kerja.

Untuk dapat melakukan proses submit artikel secara online, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar (register/ sign up) kedalam salah satu jurnal yang dipilih. Untuk selengkapnya dapat dilihat pada laman https://bit.ly/author_guidelines_JTP. Untuk tatacara penulisan artikel, dapat dilihat pada bagian Submission Preparation Checklist dibawah ini atau dapat juga dilihat pada template jurnal yang telah disediakan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain sebelumnya. Artikel yang pernah disajikan dalam suatu forum, misalnya seminar, harus disebutkan forumnya.

  2. Naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, PDF atau WordPerfect.

  3. Penulisan naskah mengunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 10-15 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1 spasi, program Microsoft Word, tipe huruf Times New Roman, font size 11 dengan menggunakan 2 kolom.

  4. Struktur Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut:

    (a)  Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimum 13 kata dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

    (b)  Nama penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya dibawah judul; penulis dapat individu atau tim semua penulis dicantumkan.

    (c)   Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis.

    (d)  Abstrak: ditulis dengan dua bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, satu alinea yang panjangnya antara 150 kata. Abstrak artikel hasil penelitian terdiri dari tujuan, metode dan hasil.

    (e)   Kata Kunci/Keywords: diisi kata/istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas beberapa buah kata/istilah dan disebut dalam abstrak. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal, baik untuk bahasa Indonesia maupun bahasa inggris (keywords).

    (f)   Isi Artikel dari tugas akhir atau hasil penelitian terdiri atas: (1) Pendahuluan: yang memuat latar belakang masalah, kajian teori, rumusan masalah, tujuan penelitian; (2) Metode: Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi populasi, sampel dan subyek penelitian, model penelitian, model statistic, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, (3) Hasil dan Pembahasan: Isi bagian hasil penelitian ditulis ringkas.  Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan, untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal. Pembahasan: Isi bagian pembahasan ditulis ringkas , dikaitkan dengan teori yang digunakan;  (4) Penutup: yang terdiri dari Kesimpulan (Isi bagian kesimpulan ditulis ringkas dan harus menjawab masalah penelitian) dan Saran (Isi bagian saran ditulis ringkas. Berisi saran yang dapat dilakukan untuk penelitian selanjutnya dan saran-saran aplikatif (bila ada); (5) Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian/perolehan pendanaan dan narasumber; (6) Daftar Pustaka: diusahakan dari sumber primer dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk didalam batang tubuh artikel.

    Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Daftar pustaka tidak boleh memuat karya penulis sendiri. Penulisan daftar pustaka menggunakan APA Style.

  5. Struktur Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut:

    (a)  Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimum 13 kata dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

    (b)  Nama penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya dibawah judul; penulis dapat individu atau tim semua penulis dicantumkan.

    (c)   Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis.

    (d)  Abstrak: ditulis dengan dua bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, satu alinea yang panjangnya antara 150 kata. Abstrak artikel hasil penelitian terdiri dari tujuan, metode dan hasil.

    (e)   Kata Kunci/Keywords: diisi kata/istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas beberapa buah kata/istilah dan disebut dalam abstrak. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal, baik untuk bahasa Indonesia maupun bahasa inggris (keywords).

    (f)   Isi Artikel dari tugas akhir atau hasil penelitian terdiri atas: (1) Pendahuluan: yang memuat latar belakang masalah, kajian teori, rumusan masalah, tujuan penelitian; (2) Metode: Informasikan secara ringkas mengenai materi dan metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi populasi, sampel dan subyek penelitian, model penelitian, model statistic, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, variabel yang akan diukur, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, (3) Hasil dan Pembahasan: Isi bagian hasil penelitian ditulis ringkas.  Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan, untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal. Pembahasan: Isi bagian pembahasan ditulis ringkas , dikaitkan dengan teori yang digunakan;  (4) Penutup: yang terdiri dari Kesimpulan (Isi bagian kesimpulan ditulis ringkas dan harus menjawab masalah penelitian) dan Saran (Isi bagian saran ditulis ringkas. Berisi saran yang dapat dilakukan untuk penelitian selanjutnya dan saran-saran aplikatif (bila ada); (5) Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian/perolehan pendanaan dan narasumber; (6) Daftar Pustaka: diusahakan dari sumber primer dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk didalam batang tubuh artikel.

    Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Daftar pustaka tidak boleh memuat karya penulis sendiri. Penulisan daftar pustaka menggunakan APA Style.

  6. Artikel yang masuk ke meja redaksi dibaca dan direkomendasi oleh mitra bebestari serta direview dan diseleksi oleh redaktur. Artikel dapat: (1) diterima tanpa perbaikan, (2) diterima dengan perbaikan, dan (3) ditolak.

    Artikel yang dipublikasikan atau dicetak ke Jurnal ini sudah memenuhi persyaratan dari redaksi.

 

Copyright Notice

Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 500000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.