PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Mukhtar ., Muliawan Firdaus, Mulyono .

Abstract


Abstract Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika masih kurang memuaskan dan orientasi pembelajaran matematika yang dilaksanakan selama ini kurang menekankan pada usaha memampukan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya, sehingga siswa kurang mampu dalam bernalar dan memahami konsep matematika serta kurang mampu dalam memecahkan masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dikembangkan sebuah model pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Proses pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Hal ini memerlukan perangkat-perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang terkait. Untuk itu dikembangkan model bahan ajar dan model penilaian serta instrumen kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model yang dikembangkan. Untuk mendapatkan model yang valid, dilakukan kegiatan validasi terhadap buku model, perangkat-perangkat pembelajaran, dan instrumen penelitian yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematika siswa SMA yang valid ditinjau dari rasional teoritis dan konsistensi di antara komponen-komponen model. Hasil penelitian yang dicapai adalah diperolehnya draft model pembelajaran, draft model bahan ajar, dan draft model penilaian yang valid berdasarkan validasi isi dan validasi konstruk oleh para ahli pembelajaran sehingga secara teoritis dapat diterapkan di kelas.


Keywords


Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Penalaran, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v19i2.3058

Article Metrics

Abstract view : 298 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)