Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Redaktur Jurnal Sastra Indonesia (Sasindo) mengundang para pembaca untuk menulis di jurnal ini. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Selanjutnya Artikel yang diterima, belum pernah diterbitkan pada jurnal atau media cetak lainnya. Naskah diketik dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4, panjang tulisan 8-15 halaman dengan sebagai berikut:


A. Artikel ditulis dalam bahasa ilmiah dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Kertas ukuran A 4
  2. Jarak ketikan 1,5 spasi, kecuali abstrak 1 spasi
  3. Jumlah halaman 8-15
  4. Tulisan times new roman ukuran 12, sedangkan untuk abstrak ukuran 11
B. Sistematika penulisan:
  1. Judul
  2. Abstrak (bahasa Indonesia dan Inggris)
  3. Pendahuluan
  4. Landasan Teori
  5. Metode penelitian
  6. Hasil dan pembahasan
  7. Penutup
  8. Daftar Pustaka
C. Pedoman penulisan
  1. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik disertai lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul makalah. Penulis harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail. (Melampirkan biodata penulisan dan hasil penelitian yang pernah dibuat atau dipublikasikan untuk dilampirkan pada halaman biodata penulisan).
  2. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang abstrak maksimum 250 kata diketik 1 spasi, sedangkan jumlah kata kunci 3-6 kata.
  3. Abstrak (berisi tujuan, metode, dan kesimpulan hasil penelitian) dalam bahasa Indonesia dalam satu paragraf dengan jumlah kata maksimum 250 kata.
  4. Artikel diketik 1,5 spasi, huruf Time New Roman, font 12, kertas A4 dengan Microsoft Word, maksimal 15 halaman
  5. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa buku, artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian.
  6. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Davis, 2003:47).
  7. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.