ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI MODEL REGRESINYA

Hana Hutabarat

Abstract


Abstract: Analysis of students satisfaction level at Univertas Negeri Medan of the online learning process in terms of the regression model. The learning process in the university environment is no longer focused on the learning process face to face. Many types of online learning are used by lecturers in communicating and providing learning material in many applications. Student satisfaction in accepting learning also varies. The level of satisfaction of students' acceptance of the learning process is influenced by supporting factors and constraints on the learning process. The research subjects were 40 different students from mathematics majors and bilingual chemistry at Univertas Negeri Medan, selected randomly. The format used is Whatsapp Group, Google Classroom, Cisco Webex, and Sipda Unimed. The data collection method is done by questionnaire, observation and interview. Shown from the regression model of the relationship between the use of online platforms and the involvement of lecturers stated that the platform that met the indicators and involvement of lecturers during online learning took a significant effect on the level of student satisfaction in online learning using the online platform.

 

Keywords: Level of Satisfaction, Regression Model, Online Learning

 

Abstrak : Analisis tingkat kepuasaan mahasiswa Universitas Negeri Medan terhadap proses pembelajaran daring ditinjau dari model regresinya. Proses pembelajaran di lingkungan universitas tidak lagi berfokus pada proses pembelajaran secara tatap muka. Banyak jenis pembelajaran online yang dipakai dosen dalam berkomunikasi dan memberikan materi pembelajaran dalam banyak aplikasi. Kepuasan mahasiswa dalam menerima pembelajaran juga bervariasi. Tingkat kepuasan penerimaan mahasiswa terhadap proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor kendala atas proses pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa dua jurusan yang berbeda yaitu matematika dan bilingual kimia Universitas Negeri Medan sebanyak 40 orang yang dipilh secara acak. Plarform yang dipakai adalah Whatsapp Grup, Google Classroom, Cisco Webex, dan Sipda Unimed. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan wawancara. Ditunjukkan dari model regresi dari hubungan antara pemakaian platform daring dan keterlibatan dosen menyatakan bahwa platform yang memenuhi indicator dan keterlibatan dosen selama pembelajaran daring berlangsung berpengaruh secara signfikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dalam belajar online menggunakan platform daring tersebut.

 

 Kata kunci : Tingkat Kepuasan, Model Regresi, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. Retrieved from https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/12

Endah Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Khusaini, K., Suyudi, A., Winarto, W., & Sugiyanto, S. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6462

Muhammad Badzlan Darari and Muliawan Firdaus (2020) Development of Teaching Materials Based “Activity or Resources” At Sipda Unimed to Enhance Students Learning Behavior Journal of Physics: Conference Series, Volume 1462, The 6th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education 16–17 October 2019, North Sumatera Province, Indonesia J. Phys.: Conf. Ser. 1462 012022

N Siregar and S L Manurung (2020) Development of a blended learning model using the online learning system (SIPDA), Universitas Negeri Medan Journal of Physics: Conference Series, Volume 1462, The 6th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education 16–17 October 2019, North Sumatera Province, Indonesia J. Phys.: Conf. Ser. 1462 012020

Dyah Nirmala Arum Janie, S.E.,M.Si.(2012) Statistika Deskriptif & Regresi Linear Berganda Dengan SPSS, Semarang University Press, ISBN : 978-602-9019-98-8

Ika Wahyu Anita (2014) Pengaruh Kecemasan Matematika (Matematika Anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP, Jurnal STKIP Siliwangi Vol 3 No 1. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.p125-132

Deklara Nanindya Wardani, anselmus J.E Toenlioe, Agus Wedi (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol 1 No.1Universitas Negeri Malang e-issn : 2615-8787

Fandianta, Guardian Yoki Sanjaya, Widyandana (2013), Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa dengan memberikan fleksibilitas belajar mengajar melalui metode blended learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia Vol. 2 No.2

Ani Rusilowati, hartono, Supriyadi (2012) Pengembangan Model pembelajaran Better Teaching and Learning berkarakter untuk membekali kompetensi Pedagogi Mahasiswa Calon Guru, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 29 No. 2

Mayya Muwallidah, Retna Ngesti Sedyati, Hety Mustika Ani (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat pembayaran kelas X IPS Di SMA 2 Jember Tahun pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, ilmu ekonomi dan ilmu sosial, ISSN 907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 11 Nomor 2 (2017) DOI: 10.19184/jpe.v11i2.6461




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i1.18821

Article Metrics

Abstract view : 2635 times
PDF - 2650 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan