PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA MATERI POLA BILANGAN

Demita A.Y. Nainggolan, Simanjuntak Erlinawaty

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan metakognitif, secara khusus bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan; 2) Mendeskripsikan kepraktisan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan; 3) Mendeskripsikan keefektifan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan hasil validasi oleh  validator dengan rata-rata validitas RPP adalah 4,19 dengan kategori valid dan rata-rata validitas LKPD adalah 4,43 dengan kategori valid; (2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) para ahli/validator menyatakan layak diuji cobakan dengan revisi sesuai saran atau tanpa revisi; b) observer menyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 84,61% dengan kategori baik; (3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan metakognitif pada materi pola bilangan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan. (4) Peningkatan pretest dan postest diketahui  melalui Gain antara pretest dan posttest yang diperoleh sebesar 0,745 dengan kategori tinggi.

Full Text:

PDF

References


Apertha, F., Zulkardi, & Muhamad. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 12 No 2, (https:// ejournal.unsri.ac.id/ index.php/ jpm/ article/ view/ 4318/ pdf, diakses 31 Maret 2019).

Asmaranti, W., Pratama, G., & Wisniarti. (2018). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Etnomatnesia, (Online), (https:// www.researchgate.net/ publication/ 332395982, diakses 31 Maret 2019).

Fauzi, M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif (sebuah pengantar). Semarang: Walisongo press.

Lee, W., Owens, L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Noverica, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan PMR untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 2 Sidikalang. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, (Online), Vol 3 No 4, (http:// idealmathedu. p4tkmatematika. org/IME-V3.4-05.pdf, diakses 30 Mei 2019).

Nurliawaty, L. Mujasam, dkk. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia, (Online), (https: // www. researchgate.net/ publication/ 315651618 , diakses 31 Mei 2019).

Taufiqurrohman, Suryani, N., & Suharno. (2017). Pemanfaatan LKS Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar KKPI di SMK Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, (Online), (https: // media.neliti.com/ media/ publications, diakses 12 Maret 2019).

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wasriono, Syahputra, E., & Edi. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantu Autograph untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMK Melalui Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Paradikma, (Online), Vol 8 No 3, (https: // www. researchgate.net/ profile/ Edi_Syahputra2/ publication, diakses 11 Maret 2019).




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i1.19064

Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 993 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan