IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Bayu Sugiarti, Edi Irawan

Abstract


Pada kegiatan pembelajaran Matematika kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah. Penggunaan model pembelajaran kurang tepat mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa, terbukti saat siswa diberi tes hanya 22,23% siswa yang tuntas KKM. Oleh sebab  itu perlu adanya perubahan model pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan penerapkan model pembelajaranProject Based Learning (PjBL) Kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2 sampai 3 jam pelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran  Project Based Learning (PjBL) mampu meningkatkan pemahaman siswa. pencapaian tes yang di peroleh pada siklus I sebesar 70, 37% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V Salahudin Al-Ayubi pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan volume bangun ruang kubus dan balok  MIN 1 Ponorogo.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhamad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: C.V Sinar Baru Bandung, 1983.

Azariya Yupita, Ina” Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar”, JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216.

Azizah, Aninda Nurul dan Naniek Sulistya Wardani Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD, Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Volume 2 Nomor 1 (Januari) 2019, Hal. 194-204.

Bintang Praba Dewi, Ida dan Komang Rahayu Indrawati,”Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar”, Jurnal Psikologi Udayana 2014, Vol. 1, No. 2, 241-250, (2014).

Eko Saputra, Yanuar. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas XII EI 3 SMK N 3 Wonosari (Penelitian Tindakan Kelas XII EI 3 SMK N 3 Wonosari ),” (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, yogyakarta 2016),

Elvi. Peningkatan Aktifitas dan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang Dengan Model Project Based Learning di Kelas V SD Negeri 130 Rantonatas, Vol. 9 No. 2 Desember 2018, hlm 102-110

Fathurrohman, Muhammad, Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Yogyakarat: AR-RUZZ MEDIA, 2017.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014).

Insyasiska, Dewi , dkk, “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi,” Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7, Nomor 1, Agustus 2015.

Jalahudi, Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidika, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013.

Juni Donni Priansa, Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran, Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.

Kaniah, 9 Metode Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan Best Practice Pembelajaran PAI Inovatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Kurikulum 2013 MIN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mu’awanah, Elfi dan Rifa Hidayah, Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Munawaroh , Rosiyadatul, dkk, “Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP”. R Munawaroh/Unnes Physics education journal 1 (1) (2012)

Pradita Yulistyana, dkk, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 4 No. 1 Tahun 2015 Hal. 89-96.

Pratama, Hendrik dan Ihtiari Prastyaningrum, Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Vol 6, No 2, Desember 2016.

Rahayu, Lia Sri dan Sony Irianto, dkk, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Volume Bangun Ruang Tak Beraturan Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar, Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 ISSN 2714-5972.hal 246.

Sanjaya, Wina, Penelitian Pendidikan Jenis,Model dan Prosedur, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Sunendar, Dadang dan Iskandarwassid, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008, 49.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i1.19509

Article Metrics

Abstract view : 3202 times
PDF - 1269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan