ANALISIS BERPIKIR ALJABAR DAN KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV

Nadia Zulfa Kosasih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar dan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi dengan pemberian soal tes, wawancara secara tidak terstruktur dan menulis catatan lapangan. Instrumen utamanya peneliti sendiri dengan instrumen bantuan soal tes dan catatan lapangan. Sumber data penelitian peserta didik kelas 8 SMP Negeri 6 Tasikmalaya yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi aljabar. Teknik analisis data yang dilakukan dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan bahwa pada kemampuan berpikir aljabar peserta didik tidak memenuhi indikator generasional, diakibatkan oleh kesalahan prosedural, dan pada indikator transformasional peserta didik dinilai memenuhi karena mampu melakukan kedua aktivitas yang ada, untuk indikator level-meta global peserta didik tidak memenuhi karena tidak mampu melakukan aktivitas pemecahan masalah menemukan konsep penyelesaian, hal ini diakibatkan oleh kesalahan konseptual



DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.20534

Article Metrics

Abstract view : 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan