Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21902Abstract
Kemampuan visualisasi memiliki peran penting dalam pengembangan pemikiran matematis yang berkaitan dengan pemecahan masalah matematika pada topik bangun ruang. Dengan adanya kemampuan visualisasi yang baik siswa dapat menginterpretasikan bentuk-bentuk bangun ruang tersebut sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Beberapa penelitian sebelumnya (Syahputra, 2013; Kariadinata, 2010; Isnaini, 2017) yang mengatakan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami objek atau gambar bangun ruang 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya pengaruh media pembelajaran HOLO-MATH (Hologram Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan secara deskriptif tentang pengaruh hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII yang terdiri dari 27 orang siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Pengumpulan data diperoleh dengan Data Triangulation. Hasil dari penelitian ini yaitu terlihat adanya peningkatan dari hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan media pembelajaran HOLO-MATH. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari perbandingan hasil pre-test dan post-test siswa yang mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya dengan persentase N-Gain sebesar 32,9%. Melalui proses pengerjaan jawaban siswa, terlihat juga kemampuan visual matematis yang meningkat. Dengan demikian terjadi pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa ketika menggunakan media pembelajaran HOLO-MATH. [Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei TuanReferences
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matakuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1): 11-18.
Arcavi, A. (2003). The Role of Visual Representations in The Learning of Mathematics. Journal of Mathematical Educationin Science and Technology, 29 (3) : 217
Ariawan, Rezi. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Of Mathematics Education, Vol 2(1): 20-30
Isnaini, Ahmad. (2017). Visual Thinking dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 1(1), 1-12.
Jupri. (2017). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 303-314). Lampung, Indonesia: UIN Raden Intan Lampung.
Kariadinata, R. (2010). Aplikasi Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Muhassanah, Nur™aini. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika 2(1): 54-56.
Murtiyasa, Budi. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Dalam Pendidikan, 1(1), 1-19.
Nurannisaa, Siti P.B. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 48-59.
Nurdin, E. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking. Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suwaji, Untung Trisna. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya (p. 60). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdaayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Syahputra, Edi. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Cakrawala Pendidikan, 1(3), 353-364.
Syamsuar, Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Padang, 6(2), 1-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).