Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan

Alphiyani Lukman, Anisa Putri Hairi, Afifah Rahmi, Azwar Fadli, Siti Balqis Dongoran, Andrea Arifsyah Nasution

Abstract


Kemampuan visualisasi memiliki peran penting dalam pengembangan pemikiran matematis yang berkaitan dengan pemecahan masalah matematika pada topik bangun ruang. Dengan adanya kemampuan visualisasi yang baik siswa dapat menginterpretasikan bentuk-bentuk bangun ruang tersebut sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Beberapa penelitian sebelumnya (Syahputra, 2013; Kariadinata, 2010; Isnaini, 2017) yang mengatakan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami objek atau gambar bangun ruang 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya pengaruh media pembelajaran HOLO-MATH (Hologram Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan secara deskriptif tentang pengaruh hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII yang terdiri dari 27 orang siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Pengumpulan data diperoleh dengan Data Triangulation. Hasil dari penelitian ini yaitu terlihat adanya peningkatan dari hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan media pembelajaran HOLO-MATH. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari perbandingan hasil pre-test dan post-test siswa yang mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya dengan persentase N-Gain sebesar 32,9%. Melalui proses pengerjaan jawaban siswa, terlihat juga kemampuan visual matematis yang meningkat. Dengan demikian terjadi pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa ketika menggunakan media pembelajaran HOLO-MATH. [Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matakuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1): 11-18.

Arcavi, A. (2003). The Role of Visual Representations in The Learning of Mathematics. Journal of Mathematical Educationin Science and Technology, 29 (3) : 217

Ariawan, Rezi. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Of Mathematics Education, Vol 2(1): 20-30

Isnaini, Ahmad. (2017). Visual Thinking dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 1(1), 1-12.

Jupri. (2017). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Di Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 303-314). Lampung, Indonesia: UIN Raden Intan Lampung.

Kariadinata, R. (2010). Aplikasi Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Muhassanah, Nur’aini. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika 2(1): 54-56.

Murtiyasa, Budi. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Dalam Pendidikan, 1(1), 1-19.

Nurannisaa, Siti P.B. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 48-59.

Nurdin, E. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking. Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwaji, Untung Trisna. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya (p. 60). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdaayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Syahputra, Edi. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Cakrawala Pendidikan, 1(3), 353-364.

Syamsuar, Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Padang, 6(2), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21902

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan