Analisis Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa 2020
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21906Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis hasil penelitian kepraktisan LKPD berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) menganalisis hasil penelitian keefektifan LKPD berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur (Library Research) dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian kelapangan karena adanya pandemi COVID-19. Peneliti menganalisis hasil penelitian praktis dan efektif yang peneliti dapat dari tiga buah skripsi dan satu jurnal yang relevan dengan penelitian yang akan peneliti lakukan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang telah melakukan penelitian pengembangan LKPD yang berkualitas dari aspek kepraktisan, dan keefektifan.References
Ahmad,Jumal. 2018. Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Apriyani, Rizka dkk. 2018. Jurnal Mathematics Paedagogic. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Berbantuan Robocompass Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius. Jambi: Universitas Jambi
Astari, Tri. 2017. Jurnal Pelangi. Pengembangan Lembar KErja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa SD Kelas IV. Aceh Utara: STKIP Citra Bangsa, Aceh Utara, Panton Labu
Ayu, Nur Syahidah dan Fibri. 2017. Jurnal Pendidikan dan Matematika. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita di Kelas VIII M.Ts Negeri Bandar T/A 2017/2018. Medan: FITK UINSU Medan
Hasratuddin. 2018. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Edira
Rismawati, 2018. Jurnal Indo Math. Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suryakancana: Universitas Suryakencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).