Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Dalam Memaknai Permasalahan Integral Berbasis Konteks

Afifah Rahmi, Anisa Putri Hairi, Alphiyani Lukman, Andrea Arifsyah Nasution

Abstract


Materi integral merupakan salah satu materi pokok dalam kurikulum matematika di Sekolah Menengah Atas. Dalam penelitian ini, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan bernalar. Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah integral, khususnya pada permasalahan luas daerah di bawah kurva. Hal tersebut tentunya membutuhkan pemahaman konsep, kemampuan penalaran dan interpretasi. Pada kenyataannya, banyak siswa merasa kesulitan untuk mengatasi permasalahan integral. Akibatnya, siswa mengalami banyak kekeliruan dalam menyelesaikan masalah terkait dengan luas daerah di bawah kurva. Pada artikel ini penulis mencoba untuk menjelaskan secara deskriptif  tentang bagaimana siswa menggunakan kemampuan awal mereka pada permasalahan berbasis konteks. Penelitian ini dilakukan di kelas XI yang menduduki semester kedua yang terdiri dari 40 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui tes awal (Student’s Worksheet), wawancara, dan catatan lapangan. Wawancara dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai bagaimana siswa menyelesaikan permasalahan integral yang disajikan. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukan bahwa kemampuan siswa umumnya tidak dapat membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan integral berbasis konteks. Dalam hal ini, penulis menemukan bahwa beberapa siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan; sementara itu beberapa siswa lainnya menerapkan cara lain, seperti dengan menggunakan rumus dan menuangkan dengan kata-kata. [ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMA DALAM MEMAKNAI PERMASALAHAN INTEGRAL BERBASIS KOTEKS

Full Text:

PDF

References


Basuki, Achmad. (2005). Numerical Methods and Computing Algorithms. Yogyakarta: Andi Publisher.

Fuadi, Rahmi., Rahmah Johar., Said Munzir. (2016). Increased Mathematical Understanding and Reasoning through Contextual Approach. Mathematics Didactic Journal, 3 (1), 47-54.

Hidayati, A. 2015. Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. J Math Educator Nusantara 1(1): 1-2.

King, Laura A (2012). General Psychology. Jakarta: Salemba Humanika, 88-89.

Mahendra, Rengga., Wasilatul Murtafiah., Fatriya Adamura. (2015). Reasoning Profile of Class X High School Students in Resolving Quadratic Equation Problems Judging from Students' Initial Ability. Scientific Journal of Mathematical Education, 4 (1), 763-771

Marsigit. (2008). Mathematics 3 High School Class XII. Jakarta: Quadra.

Maulana, Ady, S. 2013. Penerapan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. . Diakses tanggal 21 September 2018.Ministry of Education and Culture. (2016). Constitutionlessons Mathematics Subject of Middle School / Madrasah Aliyah / Vocational School of Middle School / Madrasah Aliyah Vocational School (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Ministry of Education and Culture Indonesia.

Mikrayanti, 2016. Meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. Suska Journal of Mathematics Education 2(2): 97-102.

Mujib, Abdul. (2017). Identificating Students 'Misconception Using CRI On 2nd Calculus Course, Journal Mosharafa, 6(2), 2-4.

Nasution, Andrea Arifsyah., Agung Lukito. (2015). Developing Student’s Proportional Reasoning Through Informal Way. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 38 (1): 77-101.

Sa'adah, W, N. (2010). Improved Mathematical Reasoning Ability Grade VIII students of SMP Negeri 3 Banguntapan in Mathematics Learning Through Indonesian Realistic Mathematics Education Approach (PMRI). [Online] Available: eprints.uny.ac.id/2273/. [2018, Des 20].

Shadiq, F. (2009). Solving Problems with Reasoning and Communication. Yogyakarta: Mathematics Teacher Development and Upgrading Center.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21910

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan