Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi MatematisSiswa Di MTs Swasta An-Naas Binjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari resiliensi matematis siswa pada materi bangun datar kubus dan balok di kelas VIII MTs Swasta An-Naas Binjai. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Swasta An-Naas Binjai dan berlangsung selama 6 bulan, terhitung bulan Juni hingga November. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 26 orang dan kelas VIII-2 yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara diundi karena jumlah populasi <100 orang. Penelitian ini berjenis kuantitatif, yang akan menemukan dan menganalisis hasil dan data penelitian dalam bentuk angka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes kemampuan komunikasi matematis dan pemberian angket resiliensi matematis siswa. Penelitian ini bermanfaat bagi sekolah dan guru agar mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari segi resiliensi matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika. Serta sebagai data awal atau acuan bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika apabila ingin melaksanakan penelitian lanjutan mengenai hal ini
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1.28665
Article Metrics
Abstract view : 282 timesPDF - 276 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan