Studi Literatur : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Risky Damayanti Hutasuhut

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik. Penelitian ini adalah studi literatur dimana data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti buku, jurnal dan skripsi yang relevan dengan topic yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran tematik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran tematik bersifat variatif. Hal ini dikarenakan pengembangan perangkat pembelajaran tematik dilakukan dengan menerapkan model/pendekatan/metode yang mendukung proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dan penerapan perangkat pembelajaran tematik yang telah dikembangkan tersebut akan membiasakan siswa untuk berpikir kritis dari hari ke hari. Oleh karena itu semakin baik pengembangan perangkat pembelajaran tematik yang dilakukan dalam mendukung meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa maka semakin baik juga peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar yang diperoleh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v2i2.31099

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan