Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Cindy Sitorus, Edi Syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh pembelajaran terkhususnya perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, terdiri dari tiga tahap yaitu : pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diujicoba untuk melihat efektivitasnya. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Dari hasil uji coba ini diperoleh bahwa : (1) Pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas Modul Siswa = 4.38 dan LKPD = 4.38. (2) Pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran untuk setiap butir soal. (3) Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0.3 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 6.67%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v3i1.35074

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot