Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas pengembangan LKPD berbasis masalah pada materi statistika. (2) mengetahui praktikalitas pengembangan LKPD berbasis masalah pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru matematika dan 10 peserta didik kelas IX SMP Negeri 37 Medan dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi LKPD serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah pada materi statistika yang dikembangkan adalah: (1) valid dengan indikator penilaian berupa syarat didaktik memperoleh nilai rata-rata 4,1 dengan kategori baik, indikator penelitian berupa syarat konstruksi dan syarat teknis memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori baik, serta validitas LKPD secara keseluruhan memperoleh nilai 80,6% dengan kriteria valid, (2) praktis dengan nilai rata-rata berdasarkan aspek kemudahan dalam penggunaan LKPD dari angket respon guru ialah 4 dengan kategori baik dan dari angket respon peserta didik ialah 4,4625 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan aspek kesesuaian dengan waktu dari angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 3,5 dengan kategori baik dan dari angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 4,35 dengan kategori sangat baik. Nilai praktikalitas LKPD secara keseluruhan yang diperoleh ialah 88,8% dengan kriteria sangat praktis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v3i1.35078
Article Metrics
Abstract view : 350 timesPDF - 1349 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan