Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kine Master Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan karena pesatnya perkembangnya teknologi khususnya dalam dunia pendidikan, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran berupa video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Kine Master yang valid, praktis, dan efektif pada materi bangun datar segi empat dan segitiga.Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Silaen yang berjumlah 25 responden. Validasi medianya total rata rata sebesar 87.55%. Rata rata penilaian yang dilakukan ahli untuk materi yang disajikan pada media pembelajaran sebesar 99.25 % dalam kategori sangat layak, hasil validasi Recana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rata rata 88.41%. Pada pretest rata rata responden masuk ke dalam kategori tidak tuntas, namun setelah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran, rata rata responden yang tuntas sebesar 84% dan yang tidak tuntas sebesar 16%. Kepraktisan dilihat dari angket respon guru terhadap media pembelajaran sebesar 91% dan respon siswa sebesar 81.06% sedangkan keefektifan dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 84.00%, ketercapaian tujuan pembelajaran ≥ 75%, waktu pembelajaran yang tidak melebihi waktu dari biasanya dan angket respon siswa terhadap media sebesar 81.06%. Maka diperoleh bahwa media pembelajaran yang dikembenagkan dengan mengggunakan aplikasi Kine Master pada materi Segi Empat dan Segitiga valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v3i1.35091
Article Metrics
Abstract view : 151 timesPDF - 132 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan