Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Reciprocal Teaching Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Mandau

widya elizabeth sinaga, sindi amelia, dedek andrian, sri rezeki

Abstract


Yang melatar belakangi penelitian ini peneliti menemukan bahwa prestasi belajar matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Mandau dapat dikatakan kurang. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai siswa yang masih belum mencapai KKM. Untuk mengatasi hal tersebut guru sudah melakukan berbagai upaya yaitu dengan mengadakan diskusi kelompok, menambah pekerjaan rumah dan menambah jam belajar diluar jam belajar sekolah. Penelitian ini membahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching  pada pokok bahasan bentuk aljabar  yang dilakukan di kelas VII. Produk yang akan dikembangkan berupa RPP dan LKPD yang memuat 4 kali pertemuan. Tujuan dikembangkan perangkat pembelajaran adalah untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggungjawabkan. Adapun tujuan lainnya adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang mampu memecahkan masalah pembelajaran di kelas.  Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini fokus pada pengembangan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Lembar validasi RPP dan LKPD merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan hasil data yang diperoleh. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah non tes dengan memvalidasi perangkat oleh validator, yaitu dua orang dosen matematika dan dua orang guru matematika. Penelitian ini memperoleh hasil validasi RPP sebanyak 89,72% dengan kategori valid dan 88,20% hasil validasi LKPD dengan kategori valid.

Full Text:

PDF

References


Abidin.(2014).Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Adelia , Winda Sari. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII-A SMP 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Semnastika Unimed. ISBN:978-602-17980-9-6. 6 Mei 2017.

Ahmad, Susanto.(2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aisfar,Nur Ikrar.(2009).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Pokok Bahasan Teorema Pythagoras pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Amri, Sofan dan Muhammad Rohman. (2013).Strategi dan Disain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Karya.

Argikas, Tatag Bagus, and Nanang Khuzaini.“Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahan Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Depok.” Jurnal Marcumatika Vol. 1, No. 1 (2016): 67–79

Arifin,E Zaenal dan Amran Tasai. (Ed), 1989,Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Antarkota

Barokati, N., dan Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi Vol. 4 (5), 352-359.

Diah Khusnia & Dede Nuraida, “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan”, dalam Proceeding Biology Education Conference, Vol. 14 No. 1, 2017.

Dyah Purboningsih.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Guided Discovery Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Siswa SMK Kelas X

Effendi.(2021).Pengaruh Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran Model Group Investigasi Berbasis Penalaran Berbantuan Soal Open-Ended Pada Kurikulum Matematika SMP Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. ISSN 2089-8703 (Print) Volume 10, No. 2, 2021, 1213-1221

Henra Saputra Tanjung, Siti Aminah Nababan Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan GENTA MULIA ISSN: 2301-6671 Volume IX No. 2, Juli 2018 Page : 56-70

Heris Hendriana dan Utari Soemarmo, 2014 Penilaian pembelajaran matematika / H. Heris Hendriana, Hj. Utari Soemarmo ; editor, Nurul Falah Atif Bandung Refika Aditama 2014

Istarani & Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan : Media Persada Keefektifan Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar.

Linda Astriani.(1999).Jurnal Pendidikan Matematika Matematika.Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar.Jakarta : Rineka Cipta,

Moh. Mahfud Effendi1Silvia Irene.Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan

Rena Revita.Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Suska Journal of Mathematics Education (p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670) Vol. 3, No. 1, 2017, Hal. 15 – 26

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sanjaya, Wina.(2014). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sriyani Ketong, Burhanuddin Burhanuddin, Wahyu Kurniati Asri

Universitas Negeri Makassar.Students’ Metacognitive Strategies in the Mathematics Classroom Using Open Approach Vol.4 No.7, July 2013

Suriyon, A.Inprasitha, M. & Sangaroon, K. (2013). Students’ Metacognitive Strategies in the Mathematics Classroom Using Open Approach. Psychology, 4, 585-591. doi: 10.4236/psych.2013.47084.

Tegeh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Zuhdan, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.44571

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan