Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Reciprocal Teaching Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Mandau
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin.(2014).Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Adelia , Winda Sari. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII-A SMP 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Semnastika Unimed. ISBN:978-602-17980-9-6. 6 Mei 2017.
Ahmad, Susanto.(2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aisfar,Nur Ikrar.(2009).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Pokok Bahasan Teorema Pythagoras pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Amri, Sofan dan Muhammad Rohman. (2013).Strategi dan Disain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Karya.
Argikas, Tatag Bagus, and Nanang Khuzaini.“Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahan Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Depok.” Jurnal Marcumatika Vol. 1, No. 1 (2016): 67–79
Arifin,E Zaenal dan Amran Tasai. (Ed), 1989,Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Antarkota
Barokati, N., dan Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi Vol. 4 (5), 352-359.
Diah Khusnia & Dede Nuraida, “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan”, dalam Proceeding Biology Education Conference, Vol. 14 No. 1, 2017.
Dyah Purboningsih.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Guided Discovery Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Siswa SMK Kelas X
Effendi.(2021).Pengaruh Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran Model Group Investigasi Berbasis Penalaran Berbantuan Soal Open-Ended Pada Kurikulum Matematika SMP Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. ISSN 2089-8703 (Print) Volume 10, No. 2, 2021, 1213-1221
Henra Saputra Tanjung, Siti Aminah Nababan Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan GENTA MULIA ISSN: 2301-6671 Volume IX No. 2, Juli 2018 Page : 56-70
Heris Hendriana dan Utari Soemarmo, 2014 Penilaian pembelajaran matematika / H. Heris Hendriana, Hj. Utari Soemarmo ; editor, Nurul Falah Atif Bandung Refika Aditama 2014
Istarani & Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan : Media Persada Keefektifan Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar.
Linda Astriani.(1999).Jurnal Pendidikan Matematika Matematika.Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar.Jakarta : Rineka Cipta,
Moh. Mahfud Effendi1Silvia Irene.Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan
Rena Revita.Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Suska Journal of Mathematics Education (p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670) Vol. 3, No. 1, 2017, Hal. 15 – 26
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sanjaya, Wina.(2014). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sriyani Ketong, Burhanuddin Burhanuddin, Wahyu Kurniati Asri
Universitas Negeri Makassar.Students’ Metacognitive Strategies in the Mathematics Classroom Using Open Approach Vol.4 No.7, July 2013
Suriyon, A.Inprasitha, M. & Sangaroon, K. (2013). Students’ Metacognitive Strategies in the Mathematics Classroom Using Open Approach. Psychology, 4, 585-591. doi: 10.4236/psych.2013.47084.
Tegeh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Zuhdan, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.
DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.44571
Article Metrics
Abstract view : 75 timesPDF - 84 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan