Implementasi Media Interaktif Visual Scratch untuk Mengoptimalkan Kemampuan Kreatif Matematis Siswa SD

Nabila Nurhaliza Ali, Puji Lestari

Abstract


Keterampilan Berpikir kreatif matematis menjadi nilai utama setiap orang, yang ditekankan Kemendikbud melalui kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan visual scratch terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas V SDN 6 Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test melalui soal open-ended. Subyek penelitian siswa kelas V di SDN 6 Ciamis berjumlah 14 siswa. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan Visual Scratch. Hal ini dikarenakan frekuensi siswa mengenal media visual scratch sangat singkat.

Full Text:

PDF

References


Akbay, T., Sıvacı, S. Y., & Akbay, L. (2020). Investigation of Teacher Candidates’ 21st Century Learner Skills via PAMS. Elementary Education Online, 19(3), 1498–1508. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.731177

Arfiansyah, L. P., Akhlis, I., & Susilo, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis scratch pada pokok bahasan alat optik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29515

Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR ( animasi software geogebra dan alat peraga ) untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas. Jurnal Solma, 09(02), 354–360.

Azzahra, F. (2021). Analisis tipe kesalahan siswa berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan koneksi matematis: Penelitian kualitatif di SMPN 1 Sumedang. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Nafiah, Bafadal, I., Supriyanto, A., & Arifin, I. (2019). Artistic supervision model development for improved pedagogic competence of primary school teachers | [İlköğretim okulu öğretmenlerinin geliştirilmiş pedagojik yeterliliğine yönelik sanatsal denetim modeli geliştirme]. Elementary Education Online, 18(3), 1260–1286. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2019.612140

Nafiah, Ghufron, S., Hartatik, S., Saputri, T., Djazilan, S., Mariati, P., & Kurjum, M. (2022). An Online-Based Learning Management Analysis for Elementary School Teachers During Covid-19 Pandemic in Indonesia. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(4), 137–147. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.14

Resnick, M., J. Maloney, A. M. Hernandez, N. Rusk, E. Eastmond, K. Brennan, A. Millner, E.Rosenbaum, J. Silver, B. Silverman, & Y.Kafai. 2009. Scratch: Programming for All. Communication of the ACM, November 2009, 52(11): 60-67.

Setiawati, F. N., Widadah, S., & Agustina, E. N. S. (2020). Representasi Matematis Siswa SMP Berkemampuan Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.35

Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180

Widiansah, K. N. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Tesis UNNES.

Zahid, M. Z., Dewi, N. R., Asih, T. S. N., Winarti, E. R., Putri, T. U. K., & Susilo, B. E. (2021). Scratch coding for kids : upaya memperkenalkan mathematical thinking dan computational thinking pada siswa sekolah dasar. 4, 476–486.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i1.44889

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot