Efektivitas Pembelajaran Persamaan Garis Lurus dengan Media Video Animasi dan LKPD Siswa Kelas VIII

Wanda Gita Hidayah, Sindi Amelia

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran persamaan garis lurus masih bersifat konvensional, pembelajaran dikemas secara pasif, sehingga sulit dipahami oleh siswa. Melalui penelitian ini penulis mengulas efektivitas penerapan media video animasi dan LKPD terhadap hasil belajar persamaan garis lurus. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen, menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya adalah bahwa media pembelajaran video animasi dan LKPD lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Kuala Lumpur Kepong dibandingkan pembelajaran secara konvensional. Kelompok eksperimen yang menggunakan media tersebut mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 19 poin. Selain itu, uji Effect Size menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok eksperimen lebih efektif dengan nilai ES > 1,00 yang berada pada kriteria tinggi. Penerpaan media video animasi dan LKPD dalam pembelajaran persamaan garis lurus dapat digunakaan sebagai alternatif yang efektif dalam rangka meniningkatkan hasil belajar siswa. Media ini dapat membantu mengatasi masalah pembelajaran yang bersifat konvensional dan pasif, dan meningkatkan pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Aisah, S., Ismail, S., dan Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926

Bustaman, H. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cohen, L. (1976). Educational Research in Classroom and Schools’. A manual of; Materials and Methods. Harper and Row.

Damarsari, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Patama Terhdap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas II di SD Negeri Bangunrejo 2. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNY: Yogyakarta.

Farhana, A., Amelia, S., dan Suripah. (2022). Ketertarikan Peserta Didik Belajar Matematika Menggunakan LKPD dengan Model Connected Mathematics Project (CMP). Inovasi Matematika (Inomatika), 4(1), 57–67. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.273

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian (Kedua). Rajawali Pers.

Kadir, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo di MAN Lhokseumawe. Numeracy, 7(2), 225–239. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198

Khoiriyah, S., Qonita, S. H., Lestari, M., dan ... (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika. Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 139–155. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.19462

Nofriyandi, Andrian, D., Effendi, L. A., Firdaus, Ariawan, R., Qudsi, R., Wahyuni, R., Sthepani, A., dan Indriani, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Education For Sustainable Development Guru. CommunityEducation Engagement Journal, 2(2), 21–26. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2064580

Revita, R. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15 – 26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425

Sahara, R., dan Sofya, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ecogen, 3(3), 419–431. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9918

Santoso, G., Yulia, P., dan Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165–172. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i2.2674

Slavin, R. (2010). Cooperative learning: a theory, research and practice. London: Allya Bacon.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RdanD. Alfabeta. https://doi.org/978-979-8433-64-0

Supriyono. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Titin, dan Safitri, E. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), : 74-80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12

Yulita, H. (2017). Faktor-faktor yang Memengaruhi Efektifitas dan Motivasi Mahasiswa dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal, 10(1), 106–119. https://doi.org/10.30813/bmj.v10i1.641

Yustitia, V., dan Kusmaharti, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring: Studi Kasus pada Mahasiswa PGSD saat Pandemi Covid-19. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 252–258. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1263




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i1.45177

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot