Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa Madrasah Aliyah

Naila Zahra, Haerudin Haerudin

Abstract


Kecemasan matematis dianggap sebagai salah satu kendala serius dalam dunia pendidikan karena dapat memberikan dampak negatif bagi siswa. Tingkat kecemasan yang sangat tinggi dapat menyebabkan siswa kehilangan kendali diri dan kesulitan berkonsentrasi ketika proses  pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kecemasan matematis siswa di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Karawang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket tertutup yang terdiri dari 32 pernyataan dan 4 indikator yaitu kognitif, afektif, psikomotor dan somatik. Data kemudian dikategorikan menjadi lima kategori yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Satu siswa yang mewakili setiap kategori dipilih untuk dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil jawaban angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa 12% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 18% siswa termasuk dalam kategori tinggi, 47% termasuk dalam kategori sedang, 23% siswa termasuk dalam kategori rendah, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan matematis di Madrasah Aliyah tersebut termasuk dalam kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 2. http://hdl.handle.net/11617/7611

Haciomeroglu, G. (2017). Reciprocal Relationship between Mathematics Anxiety and Attitude towards Mathematics in Elementary Students. Acta Didactica Napocensia, 10(11), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24193/adn.10.3.6

Haerunnisa, D., Imami, A. I., & Info, A. (2022). Jurnal Didactical Mathematics. 4(1), 23–30. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809–816. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1), 59–65. https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3708

Hastuti, E. S., Eclarin, L., & Dalam, K. K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual Dalam Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 64–84. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Jais, E., Rezky, R., & Siombiwi, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Rasa Takut Siswa akan Kegagalan dalam Mempelajari Matematika. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/mandalika.v1i2.1596

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe A Matchs Siswa Kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawa. Sagacious Jurnal Imiah Pendidikan Dan Social, 4(2), 35–40.

Nurmala, E. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/60077/1/11170170000041 EKA NURMALA water mark.pdf

Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/2275/

Ramadan, D. (2019). Kecemasan Siswa Dalam Belajar Matematika. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/333076983

Rosada, U. D. (2016). Diagnosis Of Learning Difficulties And Guidance Learning Services To Slow Learner Student. GUIDENA: Journal of Guidance and Counseling, 6(1), 61–69.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Sistematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Qalamuna : Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Siagian, M. D. (2016). Kemampua Koneksi Matematik dalam Pemelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2014). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiatno, Priyanto, D., & Riyanti, S. (2017). Tingkat dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10), 1–11. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i10.22105

Tahir, M. R., Ulfiani, R., & Nursalam. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas x ma negeri 1 watampone kabupaten bone. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 85–102. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a8

Wahid, A., Rukli, & Nursakiah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/sigma.v14i1.7106




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i1.45931

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan