PENGARUH WAKTU BELAJAR TARUNA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEKNIK
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.49821Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penaruh signifikan dari waktu pembelajaran taruna terhadap hasil belajar mata kuliah Matematika Teknik. Pendekatan menggunakan kuantitatif dengan metode Survei. Teknik pengambilan sampel adalah sampel bertujuan. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Diploma Tiga Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran (PPKP), serta Program Studi Diploma Empat Teknik Rekayasa Bandar Udara (TRBU). Sampel terdiri dari 45 taruna yang mengikuti mata kuliah Matematika Teknik. Variabel bebas berupa waktu belajar, dan variabel terikat berupa hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menerapkan uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan uji T pada tingkat signifikansi 0.05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk uji normalitas adalah 0.289, angka ini lebih besar daripada 0.05, mengindikasikan bahwa data memiliki distribusi yang berdistribusi normal. Uji heteroskedastisitas menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.416, yang juga melebihi angka 0.05, menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda heteroskedastisitas dalam data. Selanjutnya, uji linier menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.592, melebihi ambang 0.05, mengimplikasikan bahwa data cocok dengan model linier. Melalui uji hipotesis menggunakan uji T, ditemukan nilai signifikansi sebesar 0.559, angka ini lebih kecil dari 0.05 berakibat hipotesis nol (H0) diterima. Kesimpulannya, berdasarkan data yang diperoleh, bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan waktu belajar taruna dengan terhadap hasil belajar Matematika Teknik. Luarannya dipublikasikan Sinta 5, dijadikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan laporan penelitian. Kata Kunci: Waktu Belajar; Hasil Belajar.Downloads
Published
2024-03-13
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).