Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Diajarkan Melalui Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph

Katrina Samosir, Philips Pasca G Siagian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan  masalah matematika siswa diajarkan melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswadiajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian Panei . Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri I Panombeian Panei. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberikan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar  78,85 dan  nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 65,29. Hasil uji t sepihak dengan dk = 65 dan a = 0,05, diperoleh thitung = 4,2485 dan ttabel = 1,6691 sehingga thitung> ttabel yaitu 4,2485 1,6691 maka Ha diterima, dengan demikian  diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaranmatematika realistik berbantuan Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian Panei.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman,M,(2009),Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar,Jakarta,PT Asdi Mahasatya.

Doorman, M,(2007),Problem Solving as a challenge for mathematics education in netherland.ZDM Mathematics Education, Vol 405-418.

Muhammad,dkk,(2016),Perbedaaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Belief Siswa Antara Siswa yang Diberi PMR dengan PBM,Universitas Negeri Medan,Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Padmavathy, R.D, dan K, Maaresh.Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal.ISSN 2277-4262, 2013.http://shreeprakashan.com/Documents/2013128181315606.6.%20Padma%20Sasi.pdf (25 January 2017).

Rusman,(2012),Model Pembelajaran Mengembangkan professional guru edisi kedua,Jakarta,PT Raja grafindo Persada.

Syarah, Siti., Surya, Edy., (2017),The Development of Mathematic Teaching Material Through Realistic Mathematics Education to Increase Mathematical Problem Solving High School Students,International Journal Of Advanced And Inovative Ideas In Education,ISNN 2395-439 Vol.03,Hal 8

Trianto,(2009),Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Impementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),Kencana Prenada Media Group,Jakarta.

Wardhani,S,(2010),Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD,Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika,Yogyakarta.

Wena,M,(2011),Strategi Pembelajaran Kontemporer Suatu Tinjauan Konsepual Operasional,Jakarta,Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.53299

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan