PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI BRAIN BASED LEARNING DI SMP NEGERI 24 MEDAN

Putri Lolyta Simorangkir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:(1)mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran brain based learning lebih baik daripada pembelajaran biasa; (2)mengetahui indikator mana yang meningkat pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest-posttest control group. Sample pada penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas control. Sebelum menerapkan model pembelajaran brain based learning di kelas eksperimen terlebih dahulu memberikan soal pretest kepada kedua kelas. Setelah diterapkan model pembelajaran brain based learning di kelas eksperimen kemudian diberikan soal posttest kepada kedua kelas. Kemudian gain score kedua kelas diuji mengunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal dan berasal dari varians yang homogen.Hasil dari penelitian ini didapat bahwa rata-rata gain score kelas eksperimen yaitu sebesar 18,07 sementara pada kelas control 6,20. Sehingga peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control. Hasil kedua yaitu pada kelas eksperimen seluruh indikator berpikir kritis matematis meningkat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.53956

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan