IMPLEMENTASI PEMODELAN PERSAMAAN STRUKTRUAL TERHADAP PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS ONLINE

Siti Fatimah Sihotang

Abstract


Tatanan kehidupan dimasyarakat mengalami perubahan yang pesat secara signifikan pada era globalisasi seperti saat sekarang ini. Hal tersebut dapat dilihat dari bidang Pendidikan yang sudah mampu memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang begitu pesat kemajuannya, khususnya pada bidang ilmu Matematika. Sebagai salah satu contoh, saat ini proses perancangan media pembelajaran sudah memanfaatkan platform digital dengan munculnya banyak aplikasi berbasis online. Namun sangat disayangkan, masih ditemukan penggunaan bahan ajar oleh dosen yang tidak menarik, dimana dari pengamatan dan survei yang dilakukan di lokasi pengambilan sampel, ditemukan dosen yang belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang secara langsung juga mengakibatkan banyak peserta didik, yakni mahasiswa yang merasa bosan dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk mendapatkan informasi dan hasil yang akurat terkait pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis online dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa, merupakan tujuan dari penelitian ini. Penggunaan pemodelan persamaan struktural dengan analisis datanya menggunakan analisis jalur ialah metode analisis data yang digunakan.  Setelah dilakukan pengolahan data statistik menggunakan Software R dan STATCAL, diketahui hasil penelitian yakni diperolehnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,54 yang menyatakan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis online dan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020) Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains., IX (1) : 1–8

Astuti, E. R., dan Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik. Journal Health and Science., 5(1): 222-228

Cleopatra, M. (2015) Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif., 5 (2) : 168–181

Ferdinan, A. (2013) Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2014) Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 22.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J. F., Hollingsworth, C. L., Randolph, A. B., and Chong, A. Y. L. (2017) An Updated and expanded Assessment of PLS – SEM in Information Systems Research. Industrial Management & Data Systems Journals., I17 (3) : 442–458

Haryono, S. (2017) Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta : Luxima Metro Media

Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., dan Amat, A. L. S. (2021) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal., 9(1) : 64–71.

Lutfiwati, S. (2020) Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam., 10(1) : 53-63

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., dan Mashum, A. A. (2021) Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al- Mutharahah : Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan., 18(2) : 91–100

Nursamiaji, A dan Kurniawan, K. (2015) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2013 UNNES. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application (IJGC)., 4(3) : 24–31

Pering, I., M., A., A. (2021) Kajian Analisis Jalur dengan Structural Equation Modeling (SEM) SMART-PLS 3.0. Jurnal Satyagraha., 3(2) : 28-48

Romadhoni, R. D., dan Hasanudin, C. (2023) Peran Matematika dalam Perkembangan Teknologi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Daring. Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro dengan Tema "Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah"

Rosseel, Y. (2013) Lavaan : An R Package for Structural Equation Modeling. Journal of Statistic Software., 48(2) : 1-36

Schumaker, R. E & Whittaker, T. A. (2022) A Beginner’s Guide to Structural Equation Modeling. 2nd. Routledge Taylor : New York

Waritsman, A. (2020) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian., 2(1) : 28–32.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.54958

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan