IMPLEMENTASI PEMODELAN PERSAMAAN STRUKTRUAL TERHADAP PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.54958Abstract
Tatanan kehidupan dimasyarakat mengalami perubahan yang pesat secara signifikan pada era globalisasi seperti saat sekarang ini. Hal tersebut dapat dilihat dari bidang Pendidikan yang sudah mampu memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang begitu pesat kemajuannya, khususnya pada bidang ilmu Matematika. Sebagai salah satu contoh, saat ini proses perancangan media pembelajaran sudah memanfaatkan platform digital dengan munculnya banyak aplikasi berbasis online. Namun sangat disayangkan, masih ditemukan penggunaan bahan ajar oleh dosen yang tidak menarik, dimana dari pengamatan dan survei yang dilakukan di lokasi pengambilan sampel, ditemukan dosen yang belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang secara langsung juga mengakibatkan banyak peserta didik, yakni mahasiswa yang merasa bosan dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk mendapatkan informasi dan hasil yang akurat terkait pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis online dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa, merupakan tujuan dari penelitian ini. Penggunaan pemodelan persamaan struktural dengan analisis datanya menggunakan analisis jalur ialah metode analisis data yang digunakan. Setelah dilakukan pengolahan data statistik menggunakan Software R dan STATCAL, diketahui hasil penelitian yakni diperolehnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,54 yang menyatakan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis online dan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa.References
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020) Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains., IX (1) : 1“8
Astuti, E. R., dan Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik. Journal Health and Science., 5(1): 222-228
Cleopatra, M. (2015) Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif., 5 (2) : 168“181
Ferdinan, A. (2013) Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2014) Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 22.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hair, J. F., Hollingsworth, C. L., Randolph, A. B., and Chong, A. Y. L. (2017) An Updated and expanded Assessment of PLS “ SEM in Information Systems Research. Industrial Management & Data Systems Journals., I17 (3) : 442“458
Haryono, S. (2017) Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta : Luxima Metro Media
Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., dan Amat, A. L. S. (2021) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal., 9(1) : 64“71.
Lutfiwati, S. (2020) Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam., 10(1) : 53-63
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., dan Mashum, A. A. (2021) Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al- Mutharahah : Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan., 18(2) : 91“100
Nursamiaji, A dan Kurniawan, K. (2015) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2013 UNNES. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application (IJGC)., 4(3) : 24“31
Pering, I., M., A., A. (2021) Kajian Analisis Jalur dengan Structural Equation Modeling (SEM) SMART-PLS 3.0. Jurnal Satyagraha., 3(2) : 28-48
Romadhoni, R. D., dan Hasanudin, C. (2023) Peran Matematika dalam Perkembangan Teknologi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Daring. Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro dengan Tema "Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah"
Rosseel, Y. (2013) Lavaan : An R Package for Structural Equation Modeling. Journal of Statistic Software., 48(2) : 1-36
Schumaker, R. E & Whittaker, T. A. (2022) A Beginner™s Guide to Structural Equation Modeling. 2nd. Routledge Taylor : New York
Waritsman, A. (2020) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian., 2(1) : 28“32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).