Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Stroryline 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas VIII MTS Swasta Sholihin

Desi Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pengembangan materi pembelajaran. Penggunaan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi diterapkan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A MTS Swasta Sholihin yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dianggap cocok digunakan sebagai perangkat pembelajaran khususnya untuk materi geometri yang permukaannya datar. Konfirmasi dokumen dan kendaraan mencapai angka 89,85%, kategori ini sangat layak. Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran tergolong realistis, sebesar 92,675% masuk dalam kategori sangat realistis. Penggunaan media pembelajaran berhasil meningkatkan minat belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar dengan skor kategori sedang sebesar 0,52 pada tes belajar tercapai. Dengan menilai keefektifan media pembelajaran, tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 76%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan materi pembelajaran Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas.

Full Text:

PDF

References


Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Broadhurst, R. (2020). MINDSET AWAL SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42

Eyerci, C. (2021). The Causes and Consequences of Interest Theory. In The Causes and Consequences of Interest Theory. https://doi.org/10.1007/978-3-030-78702-8

Fatikhah, F. F., & Anggaryani, M. (2021). Development of Articulate Storyline-based Dynamic Fluid Learning Media For Grade XI High School Students. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 26–34. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.26-34

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Marhamah, S., Muslem, A., & Marhaban, S. (2022). an Investigation on Using Teaching Media in. English Education Journal, 13(1), 32–45.

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 5(1), 52–65.

Renninger, K. A., & Hidi, S. E. (2022). Interest development, self-related information processing, and practice. Theory into Practice, 61(1), 23–34. https://doi.org/10.1080/00405841.2021.1932159

Resta Clasa Kanter, Y. (2019). Psychological Factors Influence EFL Students’ Interest. Borneo Educational Journal (Borju), 1(2), 31–34. https://doi.org/10.24903/bej.v1i2.613

Rosiyanti, H., & Farahdiba, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Statistika SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 169–183.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130.

Sharma, M., Dwivedi, A., Sengar, A., & Solanki, M. (2020). Implementing Innovative Online Teaching-learning Practice in Higher Education: Understanding Student Perspective. ACM International Conference Proceeding Series, 136–140. https://doi.org/10.1145/3377571.3377577

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D

Susdarwono, E. T. (2020). Research and Development (R & D) Sebagai Pilar Utama dalam Membangun Ekonomi Industri Pertahanan Indonesia. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 57–70. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.278

Sutrisno, M. (2020). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Ahlimedia Book.

Ulfa, H., & Suripah. (2022). Articulate Storyline 2 interactive learning media in transformation materials for class IX junior high school. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 205–220. https://doi.org/10.33654/math.v7i3.1391




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.55015

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan