Analisa Pengukuran Komunikasi Matematis pada Materi Pyhtagoras

M. AYYUB

Abstract


Secara umum, pada suatu pelajaran matematika siswa untuk menyelesaikan problematika yang diberikan oleh guru atau bertujuan agar siswa dapat memahami dan menjawab soal yang diberikan. Akan tetapi, dalam langkah-langkahnya siswa seringkali tidak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pertanyaan maupun dimintai  penjelesan dari mana mereka mendapatkan jawaban, hal ini menyebabkan seringkali siswa tidak mampu untuk  berkomunikasi dalam matematika. Komunikasi matematika digunakan untuk penyelesaian persoalan, Komunikasi menjadi penting karena digunakan untuk berdiskusi dan meningkatkan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif , tujuan penelitia menyampaikan ilustrasi umum mengenai temuan-temuan dari analisis butir soal yang telah dilaksanakan. Dua puluh siswa digunakan untuk menguji perangkat ini. Berdasarkan hasil penelitian instrument soal terhadap komunikasi matematis, kita dapat menyimpulkan bahwa alat uji yang disiapkan bisa digunakan untuk menafsir pemahaman siswa terhadap rancangan matematika siswa tentang phytagoras. Hal ini terlihat dari validasi butir soal memiliki kriteria yang tinggi. Dari perhitungan reliabilitas dapat disimpulkan juga nilai reliabilitasnya adalah 0,705205 dengan kriteria reliabilitas tinggi.  Selain itu instrument tes ini, khususnya pada Tingkat kesulitan memiliki kriteria mudah, sedang dan sukar sedangkan  kekuatan daya pembeda memiliki kriteria yang baik sekali.



Full Text:

PDF

References


Amir, & Risnawati. (2015). “Psikologi Pembelajaran Matematika”. Aswaja Pressindo.

Anisa, Uirma Isnani, "Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas IX Materi Pythagoras", November, 2023, 44–50.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Brenner, Mary E. 1998. "Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups By Language Minority Students". Bilingual Research Journal, 22:2, 3, & 4 Spring, Summer, & Fall 1998.

Fajriah, N., & Nor, J. (2018). “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii Smp Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017”. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 202–208.

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). ”Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita". Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2017, 769–775.

Nurhayati, N. (2017). "Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa". FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121.

Rasyid, M. A. (2020). "Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86.

Riyadi, Setyo, Kurnia Noviartati, and Zainal Abidin, "Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Samin Dalam Memecahkan Masalah Geometri", Ethnomathematics Journal, 2.1 (2021), 31–37.

Septiati, Ety, ‘No Title’, 2001, 1–5.

Yuniarti, Yeni, "Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar", EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6.2 (2016), 109–14.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.55935

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan