Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Konten Change and Relationship Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v4i2.56524Abstract
Literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal setipe PISA konten change and relationship. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Serang dengan 22 siswa kelas IX H sebagai subjek. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes GEFT untuk mengidentifikasi gaya kognitif siswa, tes kemampuan literasi matematis berupa 6 soal konten change and relationship dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 22 siswa, 18 siswa memiliki gaya kognitif FD dan 4 siswa memiliki gaya kognitif FI. Siswa dengan gaya kognitif FI cenderung mencapai level literasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan FD dimana siswa dengan kategori FD yaitu SP-1 mencapai level 1, SP-10 mencapai level 10, dan SP-18 mencapai level 6. Sedangkan siswa dengan kategori FI yaitu SP-19 mencapai level 3, SP-20 mencapai level 6 dan SP-22 mencapai level 6 pada PISAReferences
Abdussamad, Z. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); Issue 1). CV. Syakir Media Press.
Ahmad Fadilla & Ni™mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship, 3(2), 127“131.
Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar. Al-Mabsut, 3(1), 63“69.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140“144.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493“502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Purnomo, S. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model RASCH. Universitas Jember.
Purwanti, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115“122.
Rahma, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dalam Perspektif Gender Di SMA Negeri 7 Pinrang [Institut Agama Islam Negeri Parepare]. http://repository.iainpare.ac.id/4149/%0Ahttp://repository.iainpare.ac.id/4149/1/18.1600.028.pdf
Rahmasari, I., & Setyaningsih, N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(June), 1773“1786.
Ridzkiyah. N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1“13. http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/8237
Rifqiyana, L., Masrukan, & Susilo, B. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 40“46.
Susilawati, L., Farida, N., & Pranyata, Y. I. P. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Berdasarkan Nea (Newman™S Error Analysis). JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(1), 8. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i1.2577
Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185“193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569
Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 199“209.
Yuliyani, D. R., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1836“1849. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2067
Zulkarnain, I. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39“50. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2561
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).