Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Spasial, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Berpikir Visual, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap IP Semester Mahasiswa

Adis Arivia Dewi Br Ginting, Edi Syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh secara simultan antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa, (2) apakah terdapat pengaruh secara parsial antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa. Penelitian ini menerapkan data primer melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan angkatan 2020 dengan sampel sebanyak 38 mahasiswa. Analisis regresi berganda merupakan analisis data yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan F hitung > F tabel (48,027 > 2,503) yang mengindikasikan bahwa secara simultan, terdapat pengaruh positif antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa, yakni sebesar 88,2%. Kemudian, ditemukan juga hasil t hitung dari setiap variabel lebih besar dari t tabel  (t hitung > t tabel) yang mengindikasikan bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, K. P., Hartawan, I. G. N. Y., Suparta, I. N. (2021). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia., 10(1): 17-26.

Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika., 2(1): 1-13.

Atika, E. D., Mariani, M., Mulyono, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika., 6(2): 1881-1899.

Bintoro, H. S., Sumaji, S. (2021). Proses Berpikir Spasial Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Mahasiswa Pendidikan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika., 10(2): 1074-1087.

Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, S., Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika., 4(2): 141–149.

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika., 10(2): 45-56.

Darjono, U. N. A., Amurwaningsih, M. (2023). Analisis Hubungan Tingkat Kecemasan Dan Gaya Hidup Sehat Terhadap Indeks Prestasi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unissula. Majalah Ilmiah Sultan Agung., 48(123): 67-71.

Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., Wahidaturrahmi, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Applicatio., 1(2): 122-131.

Dianti, A. P., Amaliyah, A., Rini, C. P. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IV SD Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal., 2(1): 16-24.

Diharto, D., Handayanto, A., Nugroho, A. A. (2021). Profil Visual Thinking Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas dalam Memecahkan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika., 3(2): 106–114.

Fatmahanik, U. (2021). Penalaran Spasial Geometri Ruang Mahasiswa Calon Guru MI/SD Berkemampuan Awal Tinggi Berdasarkan Gender. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual., 6(3): 513-526.

Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Euclid., 6(1): 84-94.

Harefa, A. D., Lase, S., Zega, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan., 2(1): 144-151.

Inayah, S., Sugiarni, R. (2019). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan., 5(2): 130-142.

Indrawati, F. A., Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika., 2: 247–267.

Juliyanti, J., Prayitno, S., Amrullah, A., Sarjana, K. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application., 1(3): 262-274.

Kurniawati, D., Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa., 3(2): 1-7.

Kustiawati, D., Dwirahayu, G., Alhadi, M. hafiz. (2018). Pengaruh Aplikasi Core Math Tools Terhadap Kemampuan Visual Thinking Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta., 1(1): 1-7.

Lusyana, E., Lestari, T. K. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele. CV. Azka Putra.

Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa., 6(1): 19-27.

Melinda, V., Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai., 4(2): 1526-1539.

Mubaroqah, R. I., Prihatin, I., Firdaus, M. (2023). Pengembangan Aplikasi Dompet Pintar Berbasis Strategi Saintifik Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Creative Student Research., 1(2): 73-80.

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)., 5(2): 263-272.

Nurlaili, N., Fauzan, A., Yerizon, Y., Musdi, E., Syarifuddin, H. (2022). Analisis Literasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika., 6(3): 3228-3240.

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu., 3(1): 174–179.

Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)., 3(1): 135-152.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)., 3(1): 74-84.

Saputri, R., Nurlela, N., Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda)., 3(1): 38-41.

Subakti, M. P., Listiani, T. (2022). Penggunaan Geogebra Dalam Mengembangkan Kemampuan Visual Thinking Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Using Geogebra To Develop Students’ Mathematical Visual Thinking Ability In Online Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education., 6(2): 157 -177.

Sudirman, S., Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics., 1(2): 60–72.

Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Suparmi, S., Budayasa, I. K., Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Spasial Siswa SMP Laki-Laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Memecahkan Masalah Geometri. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika)., 7(1): 35-54.

Sutikno, A., Widhoyoko, Y. P. (2020). Pengaruh Game Online Pubg Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pti Fkip Unisri. RESEARCH FAIR UNISRI., 4(1): 207-216.

Tambunan, H. (2021). Dampak pembelajaran online selama pandemi covid-19 terhadap resiliensi, literasi matematis dan prestasi matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia., 6(2): 70-76.

Tanjung, H. S., Nababan, S. A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan., 10(2): 178-187.

Widdah, H., Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika., 6(2): 1670-1681.

Yelfera, S. R., Yozza, H., Hg, I. R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masa Studi Dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Model Regresi Logistik Biner Bivariat. Jurnal Matematika UNAND., 11(1): 82-94

Yunita, M. R., Surya, E., Syahputra, E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Kemampuan Visual Thinking Matematis Dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Swasta Raja Garuda Mas Besitang. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika., 13(2): 18-29.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.56566

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan