Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Spasial, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Berpikir Visual, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap IP Semester Mahasiswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, K. P., Hartawan, I. G. N. Y., Suparta, I. N. (2021). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia., 10(1): 17-26.
Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika., 2(1): 1-13.
Atika, E. D., Mariani, M., Mulyono, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash Menggunakan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika., 6(2): 1881-1899.
Bintoro, H. S., Sumaji, S. (2021). Proses Berpikir Spasial Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Mahasiswa Pendidikan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika., 10(2): 1074-1087.
Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, S., Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika., 4(2): 141–149.
Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika., 10(2): 45-56.
Darjono, U. N. A., Amurwaningsih, M. (2023). Analisis Hubungan Tingkat Kecemasan Dan Gaya Hidup Sehat Terhadap Indeks Prestasi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unissula. Majalah Ilmiah Sultan Agung., 48(123): 67-71.
Dewi, P. S. I. Y., Kurniati, N., Wahidaturrahmi, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Applicatio., 1(2): 122-131.
Dianti, A. P., Amaliyah, A., Rini, C. P. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IV SD Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal., 2(1): 16-24.
Diharto, D., Handayanto, A., Nugroho, A. A. (2021). Profil Visual Thinking Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas dalam Memecahkan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika., 3(2): 106–114.
Fatmahanik, U. (2021). Penalaran Spasial Geometri Ruang Mahasiswa Calon Guru MI/SD Berkemampuan Awal Tinggi Berdasarkan Gender. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual., 6(3): 513-526.
Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Euclid., 6(1): 84-94.
Harefa, A. D., Lase, S., Zega, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan., 2(1): 144-151.
Inayah, S., Sugiarni, R. (2019). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan., 5(2): 130-142.
Indrawati, F. A., Wardono, W. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika., 2: 247–267.
Juliyanti, J., Prayitno, S., Amrullah, A., Sarjana, K. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application., 1(3): 262-274.
Kurniawati, D., Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa., 3(2): 1-7.
Kustiawati, D., Dwirahayu, G., Alhadi, M. hafiz. (2018). Pengaruh Aplikasi Core Math Tools Terhadap Kemampuan Visual Thinking Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta., 1(1): 1-7.
Lusyana, E., Lestari, T. K. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele. CV. Azka Putra.
Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa., 6(1): 19-27.
Melinda, V., Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai., 4(2): 1526-1539.
Mubaroqah, R. I., Prihatin, I., Firdaus, M. (2023). Pengembangan Aplikasi Dompet Pintar Berbasis Strategi Saintifik Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Creative Student Research., 1(2): 73-80.
Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)., 5(2): 263-272.
Nurlaili, N., Fauzan, A., Yerizon, Y., Musdi, E., Syarifuddin, H. (2022). Analisis Literasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika., 6(3): 3228-3240.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu., 3(1): 174–179.
Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)., 3(1): 135-152.
Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya)., 3(1): 74-84.
Saputri, R., Nurlela, N., Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda)., 3(1): 38-41.
Subakti, M. P., Listiani, T. (2022). Penggunaan Geogebra Dalam Mengembangkan Kemampuan Visual Thinking Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Using Geogebra To Develop Students’ Mathematical Visual Thinking Ability In Online Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education., 6(2): 157 -177.
Sudirman, S., Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics., 1(2): 60–72.
Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Suparmi, S., Budayasa, I. K., Setianingsih, R. (2022). Kemampuan Spasial Siswa SMP Laki-Laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Memecahkan Masalah Geometri. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika)., 7(1): 35-54.
Sutikno, A., Widhoyoko, Y. P. (2020). Pengaruh Game Online Pubg Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pti Fkip Unisri. RESEARCH FAIR UNISRI., 4(1): 207-216.
Tambunan, H. (2021). Dampak pembelajaran online selama pandemi covid-19 terhadap resiliensi, literasi matematis dan prestasi matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia., 6(2): 70-76.
Tanjung, H. S., Nababan, S. A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan., 10(2): 178-187.
Widdah, H., Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika., 6(2): 1670-1681.
Yelfera, S. R., Yozza, H., Hg, I. R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masa Studi Dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Model Regresi Logistik Biner Bivariat. Jurnal Matematika UNAND., 11(1): 82-94
Yunita, M. R., Surya, E., Syahputra, E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Kemampuan Visual Thinking Matematis Dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Swasta Raja Garuda Mas Besitang. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika., 13(2): 18-29.
DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.56566
Article Metrics
Abstract view : 131 timesPDF - 96 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan