Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Berbantuan Media Kahoot Pada Materi Trigonometri Di Jenjang Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.57234Abstract
Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Alasannya karena siswa merupakan pusat pembelajaran. Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran tentu sangat penting dalam memberikan pengalaman siswa. Beberapa upaya untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Materi pembelajaran yang baik tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pendekatan yang menarik perhatian yaitu Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), yang menekankan penyesuaian pembelajaran dengan tingkat pemahaman individu peserta didik. Artikel ini menjelaskan tentang meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media kahoot pada materi trigonometri di jenjang sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang memungkinkan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil pendahuluan menyoroti pentingnya TaRL dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa, sementara penggunaan Kahoot memberikan kontribusi dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa yang kemudian dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan motivasi motivasi belajar siswa melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media kahoot pada materi trigonometri di jenjang sekolah menengah atas dapat berdampak positif bagi peserta didik, mereka menjadi lebih antusias dalam proses pembelajaran dan kelas menjadi lebih interaktif.References
Uno, Hamzah. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Oktiani, I. 2017. Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. Vol. 5. No. 2.
Lime. (2018). Pemanfaatan Media Kahoot Pada Proses Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Ditinjua Dari Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa. FKIP: Universotas Sanata Dharma
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.
Hattie, John. (2009). "Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement". Routledge.
Ishak, H., Mat Nor, Z. dan Ahmad, A. (2017). œPembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad Ke-21, in Prosiding Seminar Serantau Ke-8 2017, hal. 627“635.
Neuman, Susan B. (2017). "Digital Literacy: What Every Educator Needs to Know". International Literacy Association.
Wills, Abigail. Teaching at The Right Level: A Toolkit for Educators. Oxford University Press, 2020.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Ed. 1. Cet.23. Jakarta: Rajawali
Oktiani, Ifni. (2017). Krativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 5 (2) 216-232
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).