Validitas dan Reliabilitas Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SMP Santo Petrus Medan

Imelda Imelda

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes kemampuan pemahaman matematis yang sudah dikembangkan. Metode penelitian deskriptif kuantitaif digunakan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Data dikumpulkan dengan tes, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa kelas VIII-1 SMP Santo Petrus Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dari soal nomor 1 sampai soal nomor 7 diperoleh validitas sebesar 0,69 (tinggi), 0,64 (tinggi), 0,37 (tinggi), 0,42 (sedang), -0,28, 0,48 (sedang) dan 0,45 (sedang). Reliabilitas tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 0,6 dengan reliabilitas sedang.

Full Text:

PDF

References


Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Arifah, U., & Matematika, P. (2017). MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL. 5(3), 263–272.

Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8.

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET MOTIVASI BERPRESTASI Riko Al Hakim 1 , Ika Mustika, 2 , Wiwin Yuliani 3 1. 4(4), 263–268. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249

Harahap, Z. P., Arwin, A., Yuliana, Y., Nugroho, N., & Ivone, I. (2021). Analisis Motivasi Kerja Karyawan di CV. Fawas Jaya Medan Zuanda. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 507–511. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/issue/archive

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Novitasari, L. (n.d.). Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI. 758–766.

Permendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Departemen Pendidikan Nasional, 151(2), 10–17.

Suwarto, .Suwarto. (2016). Karakteristik Tes Biologi Kelas 7 Semester Gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1. https://doi.org/10.23917/humaniora.v17i1.2346

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i1.58454

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan