TeknimTNOMATIKA: Eksplorasi Materi Garis dan Sudut Pada Tari Rodat Kota Pekalongan

Ila Khayati Muflikhah

Abstract


Setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda melambangkan ciri khas masyarakatnya, begitupun Kota Pekalongan. Kota Pekalongan yang terkenal dengan “nyantrinya” dan batiknya juga memiliki kesenian tari dengan iringan musik Islami. Di dalam kebudayaan tentunya terdapat nilai pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor etnomatika pada gerak Tari Rodat Kota Pekalongan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu dianalisis dengan menggunakan tiga teknik seperti reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Gerakan pada Tari Rodat terkesan tegas dan mengandung gerakan pencak silat, 2) Ditemukannya etnomatika berupa macam-macam garis dan sudut. Garis yang ditemukan seperti garis sejajar, tegak lurus, dan berpotongan. Sedangkan sudut yang ditemukan pada tari ini yakni; sudut lancip, sudut tumpul, sudut siku-siku, sudut lurus, sudut refleks, dan sudut putaran penuh.

 Kata kunci: Etnomatika; Tari Rodat; Garis; Sudut


Full Text:

PDF

References


Afidatuzzaro, N. (2023). Etnomatematika : Analisis konsep matematika pada bundaran Tugu Keris Siginjai Provinsi Jambi. 1(4), 93–99.

Atika, R., & Roni, A. ’. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Kesenian Rodat Boyolali. Nusantara Hasana Journal, 2(9), 1–13.

Dhani, V., Dwi Cahya, R., Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang, P., & Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, P. (2023). Memahami Pengaruh Kebudayaan Dan Kepribadian Terhadap Pendidikan Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 657–665. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8825

Jazuli, M. dkk. (2016). Kesenian Silakupang Grup Srimpi: Proses Kreativitas Karya Dan Pembelajaran Di kabupaten Pemalang. Catharsis: Journal of Arts Education, 5(1), 55–62. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/13124

Lestari, P. (2013). Unsur akrobatik pada pertunjukan kesenian sirkus kuda kembar di desa sabarwangi kecamatan kajen kabupaten pekalongan.

Luthfiana, D., Janah, N., Puriamandawati, N. A., & Einadya, F. S. (2024). Eksistensi Tari Reog Kendang Tulungagung Sebagai Tradisi Kearifan Lokal. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(2), 259–282.

Megiyono, B., Nassereddinali Taghavian, & Spencer Empading Sanggin. (2024). Exploration of the Art of Rodat Dance: How Social Education and Character Education Collaborate with Cultural Students? Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 5(1), 39–49. https://doi.org/10.37251/jske.v5i1.892

Nurhasanah, W. F., & Nitta, P. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Jurnal Plus Minus Pendidikan Matematika, 2(1), 27–38.

Panjaitan, A. P., Darmawan, A., Maharani, M., Purba, I. ., Rachmad, Y., & Simanjutntak. (2014). Korelasi Kebudayaan & Pendidikan : Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prasetyo, M. A. D., Setyaningrum, N. D. B., Yelli, N., & Nurdin, N. (2022). Struktur Gerak Tari Zapin Rodat Di Sanggar Seni Tari Tradisional Dinda Bestari Palembang. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 7(2), 89–96. https://doi.org/10.36982/jsdb.v7i2.2466

Qotrunnada, K. (n.d.). Memahami Sudut Lancip, Sudut Siku-siku, dan Sudut Tumpul. Detik.Com.

Rakhmawati, M. R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar :Jurnal Pendidikan Matematika, 7(6), 226.

Sandika, D., Firmansyah, F., & Putra, R. E. (2022). Bentuk dan Struktur Musik Rodat di Kabupaten Empat Lawang. Grenek Music Journal, 11(1), 27–37. https://doi.org/10.24114/grenek.v11i1.33577

Shaleh, M., Awad, F. B., & Rezki, A. (2022). Counseling Based on Local Wisdom for Conflict Settlement in the Workplace: A Case Study in Kendari. Journal of Social Studies Education Research, 13(1).

Sofyaningrum, R., & Faujiyah, F. (2024). Eksplorasi Penamaan Kota di Jawa Tengah: Perspektif Semantik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3013–3030. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12837%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/12837/9853

Surya Ibrahim, S., Napfiah, S., & Budi Utomo, I. (2023). Studi Etnomatematika: Bangun Datar Pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 102–111.

Tsanawiyah, T. P. M. P. P. G. M. (2020). Modul Pembelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Garis dan Sudut. 74.

Warren, K. (2020). Qualitative Data Analysis Methods And Techniques. GradCoach, 1–13.

Wikipedia, F. (n.d.). Kota Pekalongan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.58461

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot