ANALISIS KENDALA PENYUSUNAN SOAL PENALARAN MATEMATIS GEOMETRI KELAS 4 SD 3 KIRIG KUDUS

Silvi Mutia, Junia Dwi Pratiwi, Junia Dwi Pratiwi, Lovika Ardana Riswari, Lovika Ardana Riswari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menyusun soal penalaran matematis pada materi geometri di kelas 4. Subjek penelitian ini adalah Pak S guru kelas 4 SD 3 Kirig. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 4 SDN 3 Kirig Kudus mengalami beberapa kendala dalam menyusun soal penalaran matematis geometri, yaitu: (1) kurang pahamnya guru terhadap konsep geometri, (2) kesulitan menemukan ide soal yang kreatif dan beragam, (3) kesulitan menyesuaikan tingkatan kesulitan soal, (4) kurangnya pelatihan atau workshop tentang soal-soal penalaran matematis geometri, dan (5) kurikulum dan standar.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, L. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Geometri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Yanti, R. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Berdasarkan Miskonsepsi. In Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Khoirina, H., Nengsih, M. R., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD di Desa Gondongmanis. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 47–54. https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2764

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191

Putri, D. M., & Destania, Y. (2020). Pengembangan Soal Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 169–184. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.169-184

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). PENALARAN & PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Kudus). Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., Khofifah, A. N., & Fauziah, L. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Masalah Matematis Siswa Kelas V SD di Desa Sekuro Penting dalam kehidupan manusia , dalam mendapat Pendidikan yang layak . potensi yang ada dalam diri melalui proses untuk membersihkan kebodohan pada anak-anak dan untuk Sistem. JURNAL LENSA PENDAS, 9, 1–10.

Riswari, L. A., Kusumo, P., & Rachmadita Hapsari, C. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Saat Menyelesaikan Soal Persegi. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i1.248

Rofiah, I., Kashardi, K., & Syofiana, M. (2022). Desain Soal Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 177–184. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i2.440

Rosyidah, A. S., Hidayanto, E., & Muksar, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS Geometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 268. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.8819

Sholikhah, O. H., & Chamidah, A. (2021). Penalaran Matematis: Pembiasaan Soal High Order Thinking Pada Siswa Usia Sekolah Dasar Mathematic Reasoning: The Habitation of High Order Thinking Questions in Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 216–224. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/.

Sinta, U. A., Roebyanto, G., & Nuraini, N. L. S. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Hots Pada Pembelajaran Matematika di SDN Torongrejo 2. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p45-53

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2020). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 111. https://doi.org/10.35580/imed11047

Utari, N. M. W., Widiada, I. K., & Nisa, K. (2022). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas Tinggi di SDN Gugus V Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2413–2419. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1004

Wahyudi, P., & Mulyati, S. (2020). PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK SISWA SMA. Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.61222

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot