Persepsi Guru Mengenai Pemecahan Masalah Matematis Pada Soal Cerita Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 2 Jojo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru mengenai kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita pada materi bangun data. Dalam mengubah soal cerita lalu menguraikannya ke dalam bentuk matematika, siswa mengalami kesulitan. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama yang berkaitan dengan soal cerita. Dalam bentuk penelitian ini digunakan pendekatan Fenomenologi-Kualitatif, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V SD N 2 Jojo. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberma (Zulfirman 2022). Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD 2 Jojo memiliki minat pada mata pelajaran matematika namun siswa masih kesulitan dalam memecahkan soal cerita pada materi bangun datar .
Full Text:
PDFReferences
Argista, N., Sugiyono, S., & Burhanuddin, A. (2020). Upaya Guru dalam Menyelesaikan Kesulitan Siswa dalam Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN II Sudimoro Kecamatan Sudimoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 93–100. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.6
Febriani, S., & Najibufahmi, M. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 25–42.
Jhahro, K. F., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Universitas Jember, 9 no 1, 116–122.
Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2834–2846.
Marcelina, Wardhani, P. A., & Wardatussa’idah, I. (2024). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ips. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2466–2474.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mayangsari, S. N. (2017). Strategi Belajar Matematika. Jurnal Likhitaprajna, 6(1), 51–66.
Rahmawati, N. D. (2022). Pemecahan Masalah Literasi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). CV Jejak.
Rifa, N., & Suryana, D. (2022). Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan) Novela. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12533–12543. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3754/3711
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan. JPDP: Jurnal Pendidikan Dasar.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Ayu, M., Hapsari, P., & Cahyaningrum, D. Y. Argista, N., Sugiyono, S., & Burhanuddin, A. (2020). Upaya Guru dalam Menyelesaikan Kesulitan Siswa dalam Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN II Sudimoro Kecamatan Sudimoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 93–100. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.6
Febriani, S., & Najibufahmi, M. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 25–42.
Jhahro, K. F., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Universitas Jember, 9 no 1, 116–122.
Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2834–2846.
Marcelina, Wardhani, P. A., & Wardatussa’idah, I. (2024). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ips. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2466–2474.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mayangsari, S. N. (2017). Strategi Belajar Matematika. Jurnal Likhitaprajna, 6(1), 51–66.
Rahmawati, N. D. (2022). Pemecahan Masalah Literasi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). CV Jejak.
Rifa, N., & Suryana, D. (2022). Peranan Guru dalam Mengatasi Sifat Pemalu Anak dengan Bermain Sosial (Studi Kasus Pada Anak di PAUD Ummul Qur’an Tembilahan) Novela. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12533–12543. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3754/3711
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan. JPDP: Jurnal Pendidikan Dasar.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Ayu, M., Hapsari, P., & Cahyaningrum, D. Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 188–194.
Riswari, L. A., Nugroho, F. A. W., & Susanti, O. I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Gender Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–191.
Rosyidah, A. N. K., Husniati, Widodo, A., & Khair, B. N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah. Journal of Elementary Education, 5(1), 53–58.
Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.
Subandi. (2021). Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study. Harmonia, 19, 173–179.
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner Pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.61230
Article Metrics
Abstract view : 3 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan