PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PMRI MENGGUNAKAN KONTEKS ALAT MUSIK PADA MATERI LINGKARAN

Dilsa sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  LKPD dengan pendekatan PMRI menggunakan konteks alat musik pada materi lingkaran kelas VIII yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari tahap: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket (kuesioner) dan tes dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 lubuklinggau yang berjumlah 5 orang siswa uji small group dan 32 siswa untuk uji field test. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukan bahwa nilai Aiken’s v dari validasi ahli bahasa  yaitu 0,77 ahli media yaitu 0,70 dan ahli materi yaitu 0,68 dengan kategori valid. Pada uji kepraktisan guru dan siswa memperoleh keseluruhan 92% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil uji efek potensial  melalui tes yang diberikan oleh 32 siswa diperoleh data bahwa 27 siswa (84%) termasuk dalam kategori tuntas dan 5 siswa (19%) dengan kategori belum tuntas.


Full Text:

PDF

References


Andari, T., & Komsiatun, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 155-160. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1362.

Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3123

Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis PMRI pada materi kubus dan balok kelas VIII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 28-41. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i2.139

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan pocket book berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1), 1-11.

Heriyadi, & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan lembar kegiatan siswa menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395-412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Idris, I., & Silalahi, D. K. (2016). Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita pada kelas VII A SMP UTY. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 1(1), 73-82.

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan e-modul matematika berbasis realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/490

Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Riset Pendidikan Matematika. 2(1), 92-93.

Latifa, S, dkk, (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Tahun 2016. H.43)

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The effectiveness of realistic mathematics education approach on ability of students’ mathematical concept understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91-100.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (Research and Development).

Mu’tashimah, A., Putri, A. D., & Ramury, F. (2020). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 83. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7776

Muliastrini, N. K. E., Gotama, P. B. A. P. & Putra, I. P. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi literasi saintifik dalam pembelajaran sains di tengah pandemi covid-19. Lampuhyang, 13(1)122-131.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, M., & Sumantri, M. (2021) Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmi, 26(2).

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. (Journal of Mthematics Education and Science), 2(1),58-67.

Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019). Efektivitas Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 7– 18. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/610

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, D. dkk., (2016). Pengembangan media lembar kerja siswa berbasis hierarki konsep untuk pembelajaran kimia kelas X pokok bahasan pereaksi pembatas, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 4 No. 2 Tahun 2015, h.16.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.61252

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot