Meningkatkan Kemampuan Spasial: Pengalaman Implementasi Pendidikan Matematika Realistik dengan Pola Interaksi Edukatif Rewang
Abstract
Kemampuan spasial memiliki kontribusi yang berpengaruh terhadap pembelajaran matematika di SMP. Tersedianya pendekatan-pendekatan pembelajaran inovatif memberikan kesempatan pada guru untuk mengembangkan strategi pembelajarannya untuk mendukung kemampuan spasial ini. Penelitian ini mengkaji peningkatan kemampuan spasial dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah spasial sebagai pengaruh implementasi pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan pola interaksi edukatif rewang. Penelitian ini merupakan eksperimentasi yang melibatkan siswa SMPN 1 Percut Sei Tuan sebagai subjek penelitian dan tes kemampuan spasial sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menguraikan proses jawaban siswa yang dianalisis secara deskriptif melalui lembar jawaban siswa pada tes kemampuan spasial. Berdasarkan pendekatan pembelajaran, hasil penelitian mengindikasikan bahwa peningkatan kemampuan spasial siswa yang belajar dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dengan pola interaksi edukatif rewang lebih baik bila dikomparasi dengan kemampuan spasial siswa yang belajar secara konvensional. Berdasarkan proses jawaban, kontribusi pembelajaran matematika realistik telah memampukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan spasial.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.61283
Article Metrics
Abstract view : 11 timesPDF - 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan