Pengembangan E-modul Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa SMP

Putri Rahayu Cempaka, As Elly, Maria Luthfiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa SMP yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D, yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket (kuesioner) guru dan 6 peserta didik, dan tes dengan subjek 30 peserta didik kelas VII SMP Negeri Surulangun. Berdasarkan hasil analisis data pengembangan e-modul dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)  menunjukkan nilai Aiken’s V  dari validasi ahli bahasa 0,85, ahli media 0,92, dan ahli materi 0,88 dengan kategori sangat valid. Pada uji kepraktisan guru dan peserta didik mendapatkan total skor 84,75% dengan kategori sangat valid. Sedangkan efek potensial e-modul terhadap hasil belajar 30 peserta didik melalui tes didapatkan data bahwa 26 peserta didik (86,67 %) tuntas dan 4 peserta didik (13,33%) belum tuntas.

Full Text:

PDF

References


Alyusfitri, R., Ambiyar, A., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 dengan pedekatan contextual teaching and learning pada materi bangun ruang kelas v sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1281-1296.

Alyusfitri, R., Sari, S. G., Jusar, I. R., & Pratiwi, N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 302-312.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.

Anshary, I., & Edidas, E. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-finding. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(2), 80-84.

Ardita, E. E., & Wulantina, E. (2023, August). Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Materi Persamaan Garis Lurus. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 3, pp. 529-542).

Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1-11.

Haviz, M. (2016). Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta'dib, 16(1).

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning Pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182.

Julia, I. (2019). Desain dan Uji Coba E-modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA semester II (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139-1146.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1).

Lidia, E., Elly, A., & Fitriyana, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Segitiga Pada Kelas VII SMP Negeri Sukaraya. Journal of Mathematics Science and Education, 4(1), 40-48.

Luthfiana, M., & Yanto, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri Kertosono. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 65-74.

Mulyono, D., & As Elly, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan Juli, 6(2).

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Nurvitasari, U., Suyoto, S., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Journal on Teacher Education, 4(2), 314-323.

Ponidi, N. A. K. D., Trisnawati, D. P., Erliza Septia Nagara, M. K., Dwi Puastuti, W. A., & Leni Anggraeni, B. H. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Penerbit Adab.

Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Materi Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 6(1), 38-45.

Rohmah, N. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning dan Integrasi Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Rosada, A., & Luthfiana, M. (2022). Systematic Literatur Review: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Bangun. Journal of Mathematics Science and Education, 5(1), 22-33.

Sa’adah, R. N. (2021). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Salama, L. I., Hidayah, N., & Azizah, D. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Kontekstual Untuk Kelas VII Materi Himpunan. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 231-238.

Setiawan, M. A., & Maghfirah, I.S. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajran Matematika. Bitnet: jurnal pendidikan teknologi informasi, 6(1), 33-37.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Research and Development. Bandung: Alfabeta

Suhariani, R., Refianti, R., & Purwasi, L. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Menggunakan Konteks Rumah Wanita Kota Lubuklinggau Ditinjau dari Segi Kevalidan dan Kepraktisan. Journal of Mathematics Science and Education, 4(1), 49-67.

Susanti, Y., Elly, A., & Friansah, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi SLPDV. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 60-70.

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Matakuliah Konsep IPS Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57-66.

Wijayanto, W., & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In Mathematics and Sciences Forum 2014.




DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.61890

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :

Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan

 

slot gacor slot