The Effect of Spatial, Logical Mathematical and Emotional Intelligence on Students’ Mathematics Learning Achievement
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Asmal, M. (2020). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 30 Makassar. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol (1), 30-36.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, Vol (4), 439-446
Gardner, H. (2011). Frames of Mind. New York: Basic Book.
Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence. New Yorks: Batam Books.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, Vol (3), 636- 646.
Hamid dkk. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Hayati, Y. L. S., Anggarini, V., & Yayuk, E. (2023). Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 1 SD. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol(1), 54-60.
Idrus, dkk. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol (4), 137-146.
Iriana, A., & Armin, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Wakatobi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 3(2), 1–8.
Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1)
Inuhan, M., & Rupilele, K. (2021). Pengaruh Kemampuan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 8 MBD. Sora Journal of Mathematics Education, Vol (3), 13-20.
Jayantika, I. G. A. N. T., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. I. G. P. (2013). Kontribusi bakat numerik, kecerdasan spasial, dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, Vol (2), 56-70.
Leoh, R., Djong, K. D., & Lakapu, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, Vol (1), 13-17.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333-342.
Mastiningsih, N. N. (2019, August). Mengendalikan Emosi Melalui Ajaran Tri Guna. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Vol (1), 1. Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol (2), 24-32.
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, Vol (1), 20-27.
Muhaemin & Yonsen Fitrianto. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasisi Kecerdasan Majemuk. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Hamid dkk. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-raniry
Muis, A., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa, Motivasi Belajar terhadap Keterlibatan Siswa di Sekolah Dimoderasi oleh Lingkungan Keluarga di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol (2), 16173-16189.
Putri, Z. S., & Ardi, A. (2024). Hubungan Kecerdasan Majemuk Visual Spasial dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Ranah Pesisir. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol (1), 9758-9767.
Rahman, A. N. (2019). Pengaruh Minat Belajar dan Kecerdasan Logik Matematika Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK se Jakarta Selatan. Jurnal Saintika Unpam, 1(2), 166-176.
Sarwono, J. (2013). Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19. Elex Media Komputindo.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). SPSS complete: Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek, 328.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol (1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol (4), 297-305.
Wijoyo, Hadion. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok: CV Insan Cendekian Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.61934
Article Metrics
Abstract view : 5 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan