Analisis Kendala Penyusunan Soal Penalaran Matematis Geometri Siswa Kelas 4 SD 3 Kirig Kudus

Authors

  • Silvi Mutia Universitas Muria Kudus
  • Junia Dwi Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v5i2.64435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menyusun soal penalaran matematis pada materi geometri di kelas 4. Subjek penelitian ini adalah Pak S guru kelas 4 SD 3 Kirig. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas 4 SDN 3 Kirig Kudus mengalami beberapa kendala dalam menyusun soal penalaran matematis geometri, yaitu: (1) kurang pahamnya guru terhadap konsep geometri, (2) kesulitan menemukan ide soal yang kreatif dan beragam, (3) kesulitan menyesuaikan tingkatan kesulitan soal, (4) kurangnya pelatihan atau workshop tentang soal-soal penalaran matematis geometri, dan (5) kurikulum dan standar

Downloads

Published

2024-12-26