Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknik Riset Operasional

Authors

  • Melinda Yanuar Universitas Bina Bangsa
  • Huswatun Hasanah Universitas Bina Bangsa
  • Ma'ulfi Kharis Abadi Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.65754

Abstract

Mata kuliah Teknik Riset Operasional menjadi salah satu mata kuliah penting yang mengajarkan mahasiswa untuk menggunakan pendekatan matematis dalam menyelesaikan permasalahan kompleks di berbagai bidang. Kemampuan representasi matematis menjadi kunci utama dalam proses ini, karena mahasiswa dituntut untuk mampu mentransformasikan masalah nyata ke dalam model matematika yang dapat dianalisis dan diselesaikan secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah Teknik Riset Operasional, dengan fokus pada identifikasi tingkat kemampuan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan representasi matematis mahasiswa Sistem Informasi sebanyak 22 orang pada mata kuliah Teknik Riset Operasional di tahun akademik Genap 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian 2 soal uraian yang dirancang untuk mengukur kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi program linear yang menjadi bahasan awal mata kuliah Teknik Riset Operasional. Proses analisis data mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi Program Linier yang terdapat dalam Mata Kuliah Teknik Riset Operasional berada pada kategori sedang. Hasil kemampuan representasi matematis mahasiswa per indikator, yaitu representasi visual (48,86%), representasi simbolik (60,23%), dan representasi verbal (60,79%).

Downloads

Published

2025-06-29