Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMP Pangeran Antasari

Authors

  • Tesi Kumalasari STKIP Pangeran Antasari
  • Nur Tri Julia STKIP Pangeran Antasari
  • Weni Widya Asriati STKIP Pangeran Antasari
  • Imelda Wardani Rambe Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.65847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pendekatan problem solving terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII di SMP Pangeran Antasari. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas lima kelas dengan total 127 siswa. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel, yaitu kelas VIII-B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes esai yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dengan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas dengan Levene untuk memastikan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan problem solving memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa.

Downloads

Published

2025-06-29