Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Kecemasan Matematika pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66667Abstract
Kecemasan matematika merupakan fenomena psikologis yang umum dialami siswa dan dapat menghambat prestasi akademik serta perkembangan kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional dalam mengatasi kecemasan matematika pada siswa melalui kajian literatur sistematis. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengkaji sepuluh artikel jurnal yang diterbitkan pada periode 2015-2025 dan terindeks Scopus atau SINTA untuk menganalisis hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa mengelola kecemasan matematika. Hasil kajian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan mengatasi kecemasan matematika. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola kecemasan matematika dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah.Downloads
Published
2025-06-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).