Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Kecemasan Matematika pada Siswa

Authors

  • Israq Maharani Universitas Al Washliyah Medan
  • Nur Rahmi Rizqi Universitas Al Washliyah Medan
  • Risna Mira Bella Saragih Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66667

Abstract

Kecemasan matematika merupakan fenomena psikologis yang umum dialami siswa dan dapat menghambat prestasi akademik serta perkembangan kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kecerdasan emosional dalam mengatasi kecemasan matematika pada siswa melalui kajian literatur sistematis. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengkaji sepuluh artikel jurnal yang diterbitkan pada periode 2015-2025 dan terindeks Scopus atau SINTA untuk menganalisis hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa mengelola kecemasan matematika. Hasil kajian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan mengatasi kecemasan matematika. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola kecemasan matematika dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah.

Downloads

Published

2025-06-29