Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Perkalian dan Pembagian Pecahan Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66677Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian pecahan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), yang menghubungkan pembelajaran matematika dengan dunia nyata. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan RME terhadap kemampuan perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas IV SDN 067098 Medan Timur. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimental dengan bentuk One Group Pretets-Posttest Design yang melibatkan 17 siswa sebagai sampel. Instrument penelitian berupa tes pilihan berganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilau Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian pecahan.Downloads
Published
2025-06-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).