Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Perkalian dan Pembagian Pecahan Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Afniasty Siregar Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Maria Dea Ulina Saragih Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66677

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian pecahan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), yang menghubungkan pembelajaran matematika dengan dunia nyata. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan RME terhadap kemampuan perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas IV SDN 067098 Medan Timur. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimental dengan bentuk One Group Pretets-Posttest Design yang melibatkan 17 siswa sebagai sampel. Instrument penelitian berupa tes pilihan berganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilau Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian pecahan.

Downloads

Published

2025-06-29