Penerapan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Materi Perbandingan dan Skala

Authors

  • nisaut_toyiba2008 Solichati Universitas PGRI Wiranegara
  • Fuat Universitas PGRI Wiranegara
  • Andika Setyo Budi Lestari Universitas PGRI Wiranegara
  • Fitriyatul Badriyah Universitas PGRI Wiranegara
  • Ilmiatul Kholifah Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i1.66689

Abstract

Kemampuan numerasi siswa merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran matematika, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena berkaitan erat dengan kemampuan berpikir logis serta pemecahan masalah. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perbandingan dan skala akibat pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi perbandingan dan skala. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Gondangwetan dengan menggunakan desain kuasi-eksperimen berupa pretest dan posttest dalam satu kelompok. Sebanyak 25 siswa kelas VIII menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi soal pretest-posttest dan lembar observasi pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 53,8 (pretest) menjadi 88,0 (posttest), dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 berdasarkan uji paired sample t-test. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan CTL secara efektif mampu membantu siswa memahami konsep-konsep numerasi secara lebih bermakna melalui pengaitan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari. Temuan ini mendukung relevansi pendekatan CTL sebagai strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya dalam mengembangkan kemampuan numerik siswa di tingkat SMP.

Downloads

Published

2025-06-29