Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Skala dan Perbandingan Serta Strategi Penanggulangannya
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.67724Abstract
Kesulitan dalam belajar matematika masih menjadi tantangan besar bagi siswa sekolah dasar, khususnya pada materi skala dan perbandingan yang menuntut pemahaman konsep serta kemampuan berpikir logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai hambatan yang dialami siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal pada topik tersebut, sekaligus merangkum strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasinya. Kajian dilakukan melalui telaah pustaka terhadap artikel ilmiah terbitan tahun 2019 hingga 2024 yang relevan dengan konteks pembelajaran matematika di sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar perbandingan dan skala, menafsirkan soal cerita, serta mengaitkan konsep dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab permasalahan tersebut, berbagai pendekatan, model, dan metode pembelajaran telah diterapkan, seperti pendekatan kontekstual, model Problem Based Learning (PBL), dan model penemuan terbimbing (Discovery Learning). Selain itu, penggunaan media dan bahan ajar inovatif seperti E-LKPD berbasis konteks, komik digital edukatif, serta lembar kerja interaktif terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berpusat pada siswa agar mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir matematis secara lebih mendalam dan memahami konsep skala serta perbandingan dengan lebih baik.Downloads
Published
2025-10-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
