Penerapan Model Think Talk Write dengan Mind mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Authors

  • Putri Rambu Dawu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Darius Imanuel Wadu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elsy S. Hana Taunu Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.67851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan mind mapping pada materi kesebangunan di kelas VII SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay Tengah tahun ajaran 2024/2025. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, melibatkan 31 siswa sebagai subjek penelitian. Secara kualitatif, penerapan model TTW dengan mind mapping menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kolaboratif, dan bermakna. Pada tahap think, siswa berlatih membaca dan memahami masalah secara mandiri; pada tahap talk, mereka berdiskusi dan bertukar gagasan dengan teman kelompok; sedangkan pada tahap write, siswa menuliskan hasil pemikiran dalam bentuk mind mapping sehingga lebih mudah memahami keterkaitan antar konsep. Aktivitas guru dan siswa menunjukkan peningkatan dari kategori cukup menjadi baik, diiringi dengan perubahan perilaku belajar siswa yang lebih antusias, percaya diri, dan mampu menjelaskan kembali konsep dengan bahasa sendiri. Diskusi kelompok juga memperlihatkan interaksi yang lebih hidup, di mana siswa saling memberi penjelasan dan mengoreksi kesalahan konsep. Selain peningkatan keaktifan, siswa mulai mampu menerapkan konsep dalam pemecahan masalah kontekstual secara mandiri. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model TTW berbantuan mind mapping tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga memperkuat pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis, serta kemampuan komunikasi matematis siswa secara menyeluruh.

Downloads

Published

2025-10-29