Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Papan SPLDV Terhadap Pemahaman konsep Matematika Siswa di SMP Negeri 4 Mauliru

Authors

  • Dhea Ananda P. E. A Zarus Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Mayun Erawati Ngaba

DOI:

https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.67942

Abstract

Mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan papan SPLDV terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mauliru merupakan tujuan dari penelitian ini. Rendah pemahaman siswa terhadap konsep matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan akar masalah yang ingin diselesaikan melalui desain penelitian pretest-posttest control group. Oleh karena itu akan dipilih dua kelas secara acak untuk dipilih, yakni kelas eksperimen dengan model PBL berbantuan papan SPLDV, dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep matematika siswa di kelas eksperimen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 7,377 > ttabel = 2,0096 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL berbantuan papan SPLDV terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian, model PBL yang didukung media konkret seperti papan SPLDV efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV.

Published

2025-10-29