Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Papan SPLDV Terhadap Pemahaman konsep Matematika Siswa di SMP Negeri 4 Mauliru
DOI:
https://doi.org/10.24114/jfi.v6i2.67942Abstract
Mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan papan SPLDV terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mauliru merupakan tujuan dari penelitian ini. Rendah pemahaman siswa terhadap konsep matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan akar masalah yang ingin diselesaikan melalui desain penelitian pretest-posttest control group. Oleh karena itu akan dipilih dua kelas secara acak untuk dipilih, yakni kelas eksperimen dengan model PBL berbantuan papan SPLDV, dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep matematika siswa di kelas eksperimen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 7,377 > ttabel = 2,0096 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL berbantuan papan SPLDV terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian, model PBL yang didukung media konkret seperti papan SPLDV efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV.Downloads
Published
2025-10-29
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
